Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dalam 6 Bulan, Malaysia Optimistis Vaksinasi 80 Persen Warga

Dalam 6 Bulan, Malaysia Optimistis Vaksinasi 80 Persen Warga Kredit Foto: Antara/REUTERS/Lim Huey Teng
Warta Ekonomi, Kuala Lumpur -

Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan, pihaknya bisa memvaksinasi 80 persen populasi Malaysia dalam enam bulan mendatang hingga akhir tahun. Menurut dia, mulai Juni, pasokan vaksin bisa melebihi jumlah pendaftaran untuk inokulasi.

‘’Pada Oktober, Malaysia akan memiliki cukup vaksin untuk 80 persen penduduk,’’ katanya dikutip straits times Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Parpol Terbesar Malaysia UMNO Gunting Aliansi dengan Muhyiddin Yassin karena...

Dia menambahkan, hal itu bisa menghilangkan kekhawatiran bagi mereka yang sedang menunggu untuk divaksin. Dalam pernyataanya di akun Twitter resmi, Khairi juga membagikan grafik dari komite khusus yang memastikan akses ke vaksin Covid-19.

Grafik itu merangkum jadwal pengiriman semua vaksin yang diperoleh Malaysia, status pendaftaran vaksin saat ini, hingga target. "Pasokan akan mulai melebihi pendaftaran pada bulan Juni. Ini pasti akan selesai sebelum akhir tahun," cicit Khairy.

Tak hanya itu, grafik tersebut juga menunjukkan bahwa sekitar sembilan juta orang telah mendaftar untuk vaksin sejauh ini. Namun, persediaannya hingga April ini masih di bawah tiga juta dosis.

Kendati demikian, pihaknya mengaku mulai Juni nanti, grafik tersebut bisa menunjukkan bahwa penawaran dan permintaan akan bergerak sejajar. Khususnya, sebelum garis penawaran yang secara bertahap akan naik untuk mencakup 80 persen populasi, atau sekitar 27 juta, pada bulan Oktober.

Malaysia hingga kini menyelesaikan fase pertama dari program vaksinasi, yang berlangsung dari Februari hingga April, untuk para pejuang garis depan.

Rencananya, tahap kedua, yang akan memprioritaskan lansia, penderita penyakit penyerta dan penyandang disabilitas, akan dimulai pada 19 April. Sedangkan, tahap ketiga dari program ini akan berlangsung pada bulan Mei untuk individu berisiko rendah berusia di atas 18 tahun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: