Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Vaksinasi saat Ramadan, Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan

Vaksinasi saat Ramadan, Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bulan Ramadhan 1442 Hijriah tiba sebentar lagi tiba. Semua umat Islam akan menjalankan ibadah puasa untuk menyambut hari kemenangan. Meski demikian, program vaksinasi covid-19 secara massal harus terus berjalan sesuai rencana demi segera menghilangkan wabah virus corona dari Tanah Air.

Terkait hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelumnya telah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin covid-19 tidak membatalkan puasa. Maka itu, vaksinasi tetap aman dilakukan bagi kaum Muslimin yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Waspada! Paspor Vaksin Palsu Merebak, Bikin Resah Warga Dunia

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) lawancovid19_id, Jumat (9/4/2021), Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi MEpid mengatakan vaksinasi saat bulan Ramadhan bakal dilakukan dengan memerhatikan kondisi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

"Untuk vaksinasinya sendiri kita tetap lakukan di pagi hari sampai sore, mungkin dapat juga dilakukan malam hari atau bisa juga dilakukan di masjid pada malam hari. Asal tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadhan," terang dr Siti Nadia.

Bagi kaum Muslimin yang akan divaksinasi saat bulan Ramadhan, tentu harus memiliki persiapan. Persiapan ini wajib dilakukan agar kondisi dan tubuh peserta siap untuk menerima vaksin covid-19. Ada dua hal yang perlu diperhatikan, yakni:

1. Peserta dianjurkan cukup istirahat sebelum menerima vaksinasi.

2. Saat sahur, konsumsi makanan dengan gizi seimbang agar daya tahan tubuh lebih prima.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: