Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bantuan China Gak Ada Habisnya, Kali Ini Lebanon Diguyur Puluhan Ribu Dosis Vaksin

Bantuan China Gak Ada Habisnya, Kali Ini Lebanon Diguyur Puluhan Ribu Dosis Vaksin Kredit Foto: Shutterstock
Warta Ekonomi, Beirut -

China menyumbangkan 50 ribu dosis vaksin Covid-19 Sinopharm untuk Lebanon. Bantuan itu diharapkan membantu Lebanon menangani wabah Covid-19.

"Atas permintaan Lebanon, Pemerintah China memutuskan menyumbangkan 50 ribu dosis vaksin Sinopharm yang tak aktif ke Lebanon untuk membantunya melawan epidem Covid-19," kata Duta Besar Cina untuk Lebanon Wang Kejian lewat akun Twitter pribadinya pada Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Vaksin Gratis untuk Buruh dan Karyawan, Bio Farma-Kimia Farma Siapkan Moderna dan Sinopharm

Sistem kesehatan di Lebanon berada di ambang kehancuran akibat pandemi. Kasus dan kematian baru akibat Covid-19 terus meningkat tajam di sana.

Gambaran nyaris kolapsnya sistem kesehatan di Lebanon dapat terlihat di ibu kota Beirut. Mereka kewalahan menangani pasien baru Covid-19 karena ruang gawat darurat sudah sesak dan tempat tidur perawatan intensif terisi penuh.

Di dalam lingkungan rumah sakit, para petugas atau staf medis harus berjibaku menangani pasien. Seorang dokter di salah satu rumah sakit di Beirut mengungkapkan sekitar 40 persen staf sakit atau diisolasi.

Pandemi memang telah memberi banyak tekanan kepada negara-negara di dunia. Namun hanya sedikit yang harus menghadapi situasi seperti Lebanon.

“Ini pada dasarnya dari satu bencana ke bencana lainnya,” kata Charaf Abou Charaf, kepala sindikat dokter Lebanon pada Januari lalu, dikutip laman Al Arabiya.

Menurut dia, situasi terkait sistem kesehatan Lebanon memang buruk. Sebanyak 11 dokter telah meninggal akibat pandemi, 25 dalam perawatan kritis, dan 300 lainnya diisolasi di seluruh Lebanon.

Sejauh ini Lebanon telah mencatatkan lebih dari 375 ribu kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 4.692 jiwa.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: