Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Vaksinasi Lansia, Satgas Covid-19 Imbau Cek Kesehatan Dahulu sebelum Vaksinasi

Vaksinasi Lansia, Satgas Covid-19 Imbau Cek Kesehatan Dahulu sebelum Vaksinasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah menargetkan kalangan lansia atau mereka yang berusia di atas 60 tahun untuk mendapatkan vaksinasi pada tahapan kedua. Lansia menjadi kalangan yang diprioritaskan lantaran masuk dalam kategori rentan terhadap Covid-19.

Pemerintah menargetkan setidaknya 21,5 juta lansia mendapat vaksin Covid-19. Meski begitu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Bawono Adisasmita menjelaskan, para lansia yang ingin divaksinasi perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum divaksin.

Baca Juga: Vaksinasi untuk Lansia Sudah Siap, Agar Sukses Perlu Dukungan Semua Pihak

"Kami harap keluarga perhatikan riwayat penyakit dari calon penerima vaksin," ujar Wiku pada update Covid-19 yang disiarkan secara daring, Selasa (23/2/2021) sore.

Ada setidaknya sebelas penyakit yang perlu diperhatikan menurut Wiku. Sebelas penyakit tersebut adalah gagal jantung kongestif, asma, serangan jantung, paru kronis, diabetes, penyakit ginjal, hipertensi, paru kronis, nyeri dada, nyeri sendi, dan kanker.

Wiku melanjutkan, apabila lima dari 11 penyakit tersebut tercantum dalam riwayat penyakit calon penerima vaksin lansia, calon penerima tidak bisa menerima vaksin.

Jika anggota keluarga tidak yakin dengan riwayat penyakit yang diderita oleh calon penerima vaksin lansia, anggota keluarga dapat terlebih dahulu membawa calon penerima vaksin untuk diperiksa ke dokter.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: