Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perang Lawan Covid-19, Anies Baswedan: DKI Jakarta Gak Pernah Lelah!

Perang Lawan Covid-19, Anies Baswedan: DKI Jakarta Gak Pernah Lelah! Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan DKI Jakarta tidak pernah lelang dan selalu serius dalam menangani kasus Covid-19. Hal tersebut disampaikan Anies dalam akun media sosialnya Instagram. 

"InsyaAllah, DKI Jakarta tidak pernah lelah. Kami selalu serius dalam menangani masalah COVID-19 ini. Keseriusan itu diwujudkan dengan konsistensi kebijakan, dan peningkatan kemampuan: Testing, Tracing, dan Isolasi-Treatment," ujar Anies melalui akun Instagram @aniesbaswedan, dikutip Minggu (24/1/2021). Baca Juga: Dear All, Risiko Kena Covid-19 Masih Ada Lho Meski Sudah Divaksin

Mantan menteri pendidikan da kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan bahwa kemampuan itu disertai dengan sikap transparansi, keterbukaan dan selalu merujuk pada ilmu pengetahuan.

"Itu adalah prinsip penanganan COVID-19 di DKI," katanya. Baca Juga: Celetukan Babe Haikal Dalem: Banjir di Jakarta Itu Salah Anies Baswedan

Sejak Covid-19 masih dianggap enteng di awal 2020, kata Anies, pihaknya di DKI Jakarta sudah menganggap ini sebagai masalah serius.

"Di saat sebagian mengira ini urusan pendek yang akan cepat selesai, kami di DKI Jakarta sudah bersiap utk menghadapi masalah ini sebagai urusan yang panjang," tuturnya.

Dia mencontohkan RSUD Cengkareng. Di awal pandemi, DKI telah tetapkan RSUD Cengkareng ini sebagai RS khusus Covid-19. Kapasitas dikembangkan dengan amat cepat.

"Kita menyadari, dengan belajar dari sejarah dan pengalaman kota lain di dunia, bahwa pandemi tidak pernah sebentar, serta memerlukan stamina panjang," urainya.

Semangat itu, kata Anies, tampak di RSUD Cengkareng, salah satu rujukan Covid milik Pemprov DKI dengan daya tampung paling besar. Rumah Sakit ini memilki 80 ICU dan 240 ruang rawat isolasi non ICU.

"Rumah sakit ini terus menambah kapasitas ICU dan tempat tidur isolasi. Ini berarti juga menambah jumlah tenaga medis, peralatan kesehatan juga obat-obatan," tutur gubernur yang kini memiliki sebutan ABW itu.

Dikatakan Anies, tenaga kesehatan itu bekerja merawat pasien Covid-19. Mereka bekerja tanpa kenal lelah, baik memonitor semua melalui CCTV dan ruang kontrol maupun merawat langsung dari kamar ke kamar dengan menggunakan APD lengkap.

"Meski bekerja keras di tengah pandemi, di balik masker, wajah mereka tetap bersemangat dan penuh senyum, seolah mengirimkan pesan optimisme kepada pasien yang mereka rawat InsyaAllah kalian sembuh dan bisa pulang kembali ke rumah bertemu keluarga!" kata Anies. 

Menurutnya, para tenaga kesehatan ini adalah benteng pertahanan terakhir, jumlah mereka tak sebanyak orang-orang yang terinfeksi. Jangan biarkan benteng ini roboh karena hadirnya gelombang pasien Covid-19 yang makin banyak.

"Kita semua bisa membantu mereka agar jangan ada lagi warga yang harus dirawat di sini. Pastikan diri kita, keluarga dan orang-orang di lingkungan kita menjaga dengan ketat protokol kesehatan. Jangan lelah menggunakan masker, jangan abai menjaga jarak, dan jangan malas mencuci tangan. Kita jaga semua, Kita Jaga Jakarta. #ABW," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: