Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pandemi Covid-19 Nyaris Setahun, Suku Baduy Nol Kasus Positif

Pandemi Covid-19 Nyaris Setahun, Suku Baduy Nol Kasus Positif Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi Covid-19 nyaris setahun. Makin ke sini, lonjakan kasus positif bahkan makin menggila. Tapi, sampai saat ini, tak ada satu pun masyarakat adat Baduy, yang dinyatakan positif Covid-19.

Masyarakat Baduy di pedalaman Lebak, Banten, terbebas dari Covid-19 karena disiplin tidak ke luar daerah.

"Kami mengapresiasi warga Baduy dapat mengendalikan Covid-19 itu," kata Petugas Medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cisimeut Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Iton Rustandi di Lebak, seperti dikutip Antara, Rabu (20/1).

Baca Juga: Bupati Sleman Positif Covid Usai Divaksin Sinovac, Kemenkes & BPOM Buka Suara

Iton yang wilayah kerjanya meliputi Kanekes, Bojongmenteng, Nayagati, dan Cisimeut Raya menambahkan, masyarakat Baduy terbilang patuh dalam menjalankan protokol kesehatan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus Corona.

Tetua adat setempat mengimbau masyarakat Baduy, agar tidak ke luar daerah seperti Jakarta, Tangerang dan Bogor yang menjadi daerah penyebaran Covid-19.

Mereka lebih banyak di rumah dan ladang-ladang, untuk mengembangkan pertanian. "Kami juga mengoptimalkan edukasi tentang bahaya Covid-19, agar warga Baduy mengetahui penyebaran penyakit tersebut," ujarnya.

Puskemas setempat terus mengendalikan pandemi Covid-19 dengan membagikan ribuan masker ke permukiman masyarakat Baduy, serta melakukan penyemprotan disinfektan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: