Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lahan untuk Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur Sudah Penuh, Pemprov Terapkan Strategi Ini

Lahan untuk Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur Sudah Penuh, Pemprov Terapkan Strategi Ini Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Makam khusus jenazah Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal alur kini sudah penuh menutupi lahan. Terdata 4.500 liang lahat telah terisi.

Kepala Satuan Pelaksanaan TPU Tegal Alur Wawin Wahyudi membenarkan hal tersebut. Namun, dia juga menjelaskan pemakaman di unit muslim itu masih bisa dilakukan secara tumpang dengan mengisi lahan makam COVID-19 agama Nasrani atau yang muslim.

"Tegal alur masih menerima pemakaman di unit non-muslim, dan di unit muslim bisa dengan sistem tumpang. Sekitar 4.500 makam," Wawin dikonfirmasi, Rabu 13 Januari 2021.

Dalam kondisi penuh tersebut, Wawin mengatakan, lokasi makam baru untuk jenazah pasien COVID-19 muslim akan dialihkan ke kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Belakangan ini, Wawin mengatakan pihaknya menggali sebanyak rata-rata 40-50 lubang makam per harinya di awal tahun 2021. Bukannya makin berkurang, jenazah COVID-19 yang hendak di makamkan di TPU Tegal Alur Kalideres Jakarta Barat terus bertambah.

Sebelumnya, krisis lahan pemakaman di Jakarta membuat pengelola TPU menerapkan sistem pemakaman tumpang. Misalnya di TPU Pondok Ranggon yang dilakukan sejak Desember 2020. Hal tersebut dilakukan demi mengirit lahan pemakaman yang ada.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini mengupayakan pembukaan lahan pemakaman baru di TPU Rorotan, Jakarta Utara yang segera digunakan dalam waktu dekat. Di tahap pertama, disediakan sekitar 1.500 petak makam.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: