Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Vaksin COVID-19 di Indonesia Sesuai Standar WHO, Begitu Kata....

Vaksin COVID-19 di Indonesia Sesuai Standar WHO, Begitu Kata.... Kredit Foto: Antara/Abriawan Abhe
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jenis vaksin COVID-19 yang masuk ke Indonesia telah sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menurut pemerintah Indonesia.

Ada beberapa jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan Indonesia, salah satunya vaksin Covid-19 Sinovac asal China.

Tercatat, sebanyak 3 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac sudah tiba di Indonesia dan disebarkan ke 34 provinsi.

Baca Juga: Atlet Bali United Ini Sambut Baik Vaksinasi COVID-19

Baca Juga: Tunggu BPOM, Muhammadiyah: Lambat Laun Publik Sadar Pentingnya Vaksinasi

Kepastian vaksin Covid-19 di Indonesia sesuai standar WHO dipastikan oleh Jubir Presiden RI, Fadjroel Rachman dalam akun Twitter pribadinya @fadjroeL.

Fadjroel mengutip pernyataan dari Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng M Faqih.

"Vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat (apapun merknya) sesuai dengan standar internasional yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO," tulis Fadjroel yang mengutip pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng M Faqih, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Sekadar informasi, Pemerintah akan menggelar vaksinasi Covid-19 serentak di sejumlah daerah pada minggu depan. Masyarakat kini memiliki harapan bahwa pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

Adalah Presiden Joko Widodo yang menjadi orang pertama disuntik vaksin Sinovac. Pelaksanaan vaksinasi oleh pemerintah ini dilakukan secara gratis. Ini dilakukan agar tidak ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari program vaksinasi.

Jubir Presiden RI, Fadjroel Rachman mengatakan, Indonesia akan menggunakan lima jenis vaksin Covid-19.

Sebelumnya, sebanyak 1,8 juta dosis Vaksin Covid-19 Sinovac asal China kembali tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (31/12/2020). Ini merupakan kedatangan vaksin kloter kedua, setelah sebelumnya 1,2 juta vaksin Sinovac sudah masuk ke Indonesia pada awal Desember 2020.

“Lima Jenis Vaksin Covid-19 yang Dipakai di Indonesia adalah produksi dari: 1. Sinovac; 2. Novavax; 3. AstraZeneva; 4. BioNTech-Pfizer; 5 Kerjasama multilateral dengan Covax," tulis akun @fadjroeL, Sabtu (9/1/2021).

Pada tahap pertama, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi untuk tenaga medis, TNI/Polri dan petugas yang berhubungan dengan layanan publik. Pemerintah telah mendatangkan Vaksin jadi Sinovac pada tahap awal dan disusul dengan Vaksin Astra Zeneca, Moderna, Covax/Gavi, Novavax dengan total pengadaan sejumlah 426 juta.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: