Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ampun Gusti! Virus Baru Corona Sudah Masuk Vietnam

Ampun Gusti! Virus Baru Corona Sudah Masuk Vietnam Kredit Foto: Antara/REUTERS/Mai Nguyen
Warta Ekonomi, Jakarta -

Vietnam telah menemukan kasus pertama impor varian baru virus corona, yang menyebar dengan cepat di Inggris, kata kementerian kesehatan pada Sabtu (2/1/2021).

Varian tersebut dideteksi pada wanita berusia 44 tahun, yang kembali dari Inggris. Wanita itu melakukan karantina saat tiba di Vietnam dan pada 24 Desember dikonfirmasi positif terpapar virus itu, menurut pernyataan kementerian. 

"Para periset melakukan penelusuran gen pada sampel pasien tersebut dan menemukan bahwa varian itu adalah 'VOC 202012/01'," bunyi pernyataan itu.

Baca Juga: Vietnam Sukses Suntikkan Vaksin Ciptaannya Sendiri ke Manusia

Varian tersebut mencakup mutasi genetik yang, secara teori, dapat menyebabkan virus tersebut menyebar lebih mudah di antara masyarakat.

Negara-negara di dunia telah memotong rantai perjalanan dengan Inggris untuk menghentikan penyebaran varian baru itu, yang disebut para ilmuwan 40-70 persen lebih mudah menular dibandingkan varian asli virus tersebut.

Baca Juga: Turki Ungkap Kasus Pertama Virus Corona Varian Inggris

Vietnam masih mengoperasikan penerbangan repatriasi untuk membawa para warganya yang terperangkap di tempat tinggal mereka di Inggris di tengah pandemi. 

Dengan langkah-langkah karantina dan pelacakan, Vietnam dengan cepat mengendalikan penyebaran virus corona, sehingga aktivitas ekonomi dapat kembali bergerak lebih cepat daripada sebagian besar Asia. 

Vietnam telah mencatat 1.474 infeksi dengan 35 kematian akibat COVID-19. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: