Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Daftar 50 Bank Paling Kuat Hadapi Tantangan di Era Pandemi

Daftar 50 Bank Paling Kuat Hadapi Tantangan di Era Pandemi Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi Covid-19 yang berdampak kepada perlambatan aktivitas perekonomian global dan nasional turut dirasakan oleh industri perbankan dan di tahun 2020 ini dunia perbankan sangat diuji.

Pemerintah menyebutkan rasio permodalan bank atau Capital Adequacy Ratio (CAR) masih terjaga di level yang cukup tinggi pada Agustus 2020, yaitu 23,39% dibandingkan triwulan II 2020 yang berada di level 22,50%. Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Agustus 2020 tumbuh sebesar 11,64% (yoy), meningkat dibandingkan pertumbuhan pada akhir triwulan II 2020 yang sebesar 7,95%. Pertumbuhan tersebut didominasi oleh pertumbuhan DPK BUKU 4 yang mencapai 15,26% (yoy). Baca Juga: September, Penyaluran Kredit Perbankan Alami Kontraksi

Sementara itu,  kredit perbankan tumbuh sebesar 1,04% (yoy) pada Agustus 2020 setelah mengalami kontraksi yang cukup dalam pada bulan April hingga Juni 2020. 

Profil risiko lembaga jasa keuangan sedikit mengalami peningkatan pada Agustus 2020 tercermin dari rasio non-performing loan (NPL) gross sebesar 3,22% sementara pada triwulan II 2020 sebesar 3,11%.Baca Juga: Sistem Logistik Belum Efisien, Pemerintah Diminta Perbanyak Pusat Ekonomi

Di tengah tekanan pandemi ini, program restrukturisasi kredit yang dilakukan perbankan masih berjalan. Per 28 September 2020, restrukturisasi mencapai Rp904,3 triliun untuk 7,5 juta debitur. 

Dalam kondisi perbankan yang sedang menghadapi tantangan yang besar ini, ICONOMICS berupaya untuk mengapresiasi melalui Iconomics Top Bank Award 2020. Baca Juga: LINE Buka Layanan Perbankan Pertama di Thailand, Selanjutnya ke Indonesia

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/10/2020), apresiasi ini merupakan upaya sebagai bentuk apresiasi kepada bank-bank terbaik di Indonesia yang mampu menunjukkan ketahanan fundamentalnya dalam menghadapi tantangan di era pandemi yang terjadi saat ini.

Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada pelaku perbankan di Indonesia yang nantinya menjadi agen utama percepatan pembangunan ekonomi Indonesia selama dan paska pandemi Covid- 19.

Pada tahap pertama, tim melakukan pendataan terhadap 110 bank yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penilaian dilakukan berdasarkan data kinerja keuangan perbankan terpublikasi baik yang tersedia di situs OJK, situs masing-masing bank serta sumber lain yang dapat dipercaya. 

Pada tahap ini dilakukan seleksi awal dari capaian dan analisa kinerja keuangan bank berdasarkan indikator profitabilitas, kualitas aset, likuiditas, efisiensi dan permodalan selama 5 tahun terakhir.

Pada tahap kedua dilakukan analisa lanjutan untuk mendapatkan peringkat bank terbaik dengan melakukan penilaian dan pembobotan berdasarkan kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU). 

Kemudian selanjutnya dikelompokkan berdasarkan nilai akhir dengan kategori Platinum (nilai 75-100), Gold (nilai 50-74), Silver (nilai 25-49) dan Bronze (nilai

Berikut daftar, Top 50 bank 2020

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: