Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tanda-Tanda Anda Mungkin Pernah Terjangkit Covid-19

Tanda-Tanda Anda Mungkin Pernah Terjangkit Covid-19 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagian orang yang ternyata terbukti positif Covid-19 ditemukan tidak memiliki gejala apapun. Para ahli penyakit menular mengatakan, virus kemungkinan sudah menyebar sebelum kota-kota mulai melakukan karantina wilayah dan bahkan sebelum banyak negara memberlakukan perintah jarak sosial.

"Seiring berjalannya waktu, terbukti bahwa ini adalah virus yang menyebar luas di seluruh negara kita, terutama di daerah yang lebih padat, lebih cepat dari yang kita duga," kata spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University, dokter William Schaffner, dilansir di laman Men's Health.

Baca Juga: Berapa Lama Pasien Covid-19 Bisa Tularkan Orang Lain?

Menurut Schaffner, bisa jadi seseorang sebenarnya telah tertular virus corona tanpa menyadarinya. Terlebih, tanpa gejala bisa dialami siapa saja dan beberapa gejala Covid-19 menyerupai gejala penyakit lainnya seperti flu biasa.

"Kebanyakan orang yang mengidap virus corona memiliki kasus infeksi yang tidak rumit, dan itu bisa dibedakan dari flu biasa atau flu karena virus corona," jelas pakar penyakit menular yang juga merupakan sarjana senior di Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh A. Adalja.

Sayangnya, tidak ada cara untuk mengetahui dengan kepastian 100 persen apakah penyakit yang pernah dialami dulu adalah Covid-19. Namun, para ahli mengatakan, ada beberapa tanda bisa menjadi petunjuk bahwa seseorang mungkin sudah pernah terjangkit Covid-19.

Berikut tanda-tanda kemungkinan seseorang pernah terjangkit Covid-19:

1. Pernah mengalami flu parah di awal 2020 lalu

Di awal pandemi, orang percaya bahwa Covid-19 tidak mulai beredar hingga akhir Februari dan Maret. Namun, penelitian baru dari University of Texas menunjukkan sebaliknya.

Untuk penelitian tersebut, para ilmuwan menganalisis usap tenggorokan yang diambil pada akhir tahun lalu saat musim dingin lalu pada orang yang dicurigai memiliki kasus flu. Tes usap ini dilakukan di Wuhan, China, tempat virus korona baru berasal. Serta Seattle, Washington, tempat kasus pertama Covid-19 dikonfirmasi di AS.

Para peneliti menemukan bahwa setiap dua kasus flu, ada satu kasus Covid-19. Akibatnya, mereka yakin Covid-19 kemungkinan tiba sekitar Natal.

Kata Schaffner, mungkin sulit untuk membedakan flu dari bentuk ringan Covid-19 tanpa tes, tergantung pada gejala yang dialami. Namun, pilek biasanya tidak menyebabkan sesak napas, sakit kepala parah, atau gejala gastrointestinal seperti Covid-19.

Gejala resmi Covid-19 antara lain demam atau kedinginan, batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau baru, dan sakit tenggorokan. Lalu, hidung tersumbat atau meler, mual atau muntah, serta diare.

2. Kehilangan indra penciuman atau pengecap pada satu titik

Hilangnya bau dan rasa telah menjadi ciri utama Covid-19. Meskipun gejala ini tidak terjadi pada semua orang, Dr Adalja menunjukkan gejala ini sangat terkait dengan virus corona baru.

Data awal dari American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery (AAO-HNS) menemukan, pada pasien Covid-19 yang kehilangan indra penciumannya, 27 persen mengalami perbaikan dalam waktu sekitar tujuh hari. Sementara, sebagian besar membaik dalam waktu 10 hari.

Namun demikian, gejala ini juga mungkin terjadi untuk sementara waktu kehilangan indra dengan kondisi pernapasan lain, seperti pilek, flu, infeksi sinus, atau bahkan dengan alergi musiman. Namun, para ahli mengatakan bahwa gejala tersebut dapat bertahan pada beberapa orang dan berlangsung selama berbulan-bulan setelah pulih dari Covid-19.

3. Pernah mengalami kerontokan rambut tanpa sebab yang jelas

Ini belum banyak dipelajari dalam konteks Covid-19. Namun, banyak orang yang telah pulih dari virus melaporkan mereka memiliki masalah rambut rontok.

Anggota Survivor Corps, grup dukungan Facebook untuk orang-orang yang terjangkit Covid-19, juga berbicara tentang mengalami rambut rontok berbulan-bulan setelah pulih dari sakit. Menurut Dr Adalja, kondisi yang dikenal sebagai telogen effluvium ini disebabkan oleh banyak faktor, termasuk kehamilan, stres ekstrem, penurunan berat badan, dan penyakit selain Covid-19.

Dia menekankan, rambut rontok tidak akan terjadi kepada orang-orang yang tak bergejala Covid-19, terutama yang tidak mengalami batuk atau demam. Rambut rontok, kata dia juga bisa terjadi karena stres secara umum.

4. Anda terkadang merasa sesak

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA menemukan, orang dengan Covid-19 dapat mengalami efek samping virus, termasuk sesak napas. Kemungkinan, hal ini karena peradangan yang berlangsung lama di paru-paru.

"Ini adalah salah satu efek lama yang diketahui pada orang yang didiagnosis dengan Covid-19. Jika Anda mengalami ini, mungkin penyakit yang Anda alami sebelumnya sebenarnya adalah Covid,"  kata Dr Schaffner.

5. Pernah mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh

Para peserta pada penelitian JAMA menyebut batuk yang berkepanjangan adalah gejala lain yang dialami mereka. Menurut  dokter Adalja, batuknya sering kali kering, artinya tidak ada yang keluar, seperti dahak atau lendir. Data menemukan bahwa 43 persen orang yang menderita Covid-19 masih batuk 14 hingga 21 hari setelah mendapatkan tes positif untuk virus tersebut.

6. Anda benar-benar merasa lelah

Menurut studi JAMA, rasa lelah adalah salah satu efek bertahan terbesar setelah seseorang terkena Covid-19. Studi itu menemukan 53 persen pasien mengatakan mereka berjuang melawan kelelahan sekitar 60 hari setelah mereka pertama kali menunjukkan tanda-tanda virus. "Kami melihat beberapa orang yang memiliki penyakit ringan yang mengalami kelelahan selama beberapa waktu," kata Dr Adalja.

Namun, katanya, saat ini belum sepenuhnya jelas mengapa hal ini terjadi. Bisa jadi cara sistem kekebalan seseorang bereaksi terhadap virus atau bisa juga cara virus bekerja di dalam tubuh.

7. Anda memiliki gejala yang tidak biasa yang tampaknya berlangsung selamanya

Para ahli menekankan, Covid-19 masih merupakan virus baru sehingga para dokter dan ilmuwan terus mempelajarinya lebih lanjut. Penelitian tentang efek virus yang bertahan lama sedang berlangsung.

Oleh karenanya, Adalja mengatakan, saat ini sulit bagi dokter untuk menyebut bahwa memiliki gejala tertentu dapat berarti Anda terkena infeksi Covid-19, sementara yang lain tidak. Perlu disebutkan bahwa beberapa orang pernah mengalami masalah jantung setelah tertular virus.

Terdapat satu studi kecil terhadap 100 orang yang pulih dari Covid-19 yang diterbitkan di JAMA Cardiology melakukan MRI kepada mantan pasien. Mereka menemukan, sebanyak 78 persen pasien memiliki semacam temuan jantung abnormal, terlepas dari kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Ini juga tampaknya tidak terkait dengan tingkat keparahan penyakit, para peneliti menemukan. Dr. Schaffner mengatakan, itu bisa muncul dalam banyak cara berbeda, termasuk jantung berdebar secara acak, tapi bisa juga tidak terlalu mencolok.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: