Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sengaja Batuk di Liga Inggris, Bisa Dikartu Merah Lho!

Sengaja Batuk di Liga Inggris, Bisa Dikartu Merah Lho! Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) mengeluarkan aturan baru terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Para pemain yang ketahuan sengaja batuk di hadapan musuh atau wasit, dapat dihukum dengan kartu kuning, bahkan mendapat kartu merah langsung.

Baca Juga: Bawa Liverpool Juara Liga Inggris, Klopp: Saya Masih Pria Normal

Dalam dokumen yang dirilis tersebut, FA meminta para perangkat pertandingan, terutama wasit, tidak segan-segan dalam mengambil tindakan tegas. Pemain yang melanggar aturan tersebut bisa saja langsung diusir keluar lapangan. Peraturan baru itu akan langsung diterapkan untuk semua level pertandingan.

“Tindakan tegas harus langsung diambil wasit jika seseorang terbukti dengan sengaja dan dari jarak yang dekat, batuk-batuk di wajah pemain lawan atau bahkan ofisial pertandingan,” bunyi pernyataan resmi FA, dikutip dari The Guardian, Selasa (4/8/2020).

“Jika insiden itu tidak terlalu parah sehingga harus dikeluarkan dari lapangan, pelanggar akan diberikan peringatan atas dasar perilaku tidak sportif, yakni tidak menghormati pertandingan,” sambung pernyataan resmi tersebut.

Lebih lanjut, FA mewajibkan wasit untuk menghukum siapapun dalam pertandingan yang rutin batuk-batuk. Sang pengadil juga harus mengingatkan pemain untuk tidak sering-sering meludah ke lapangan sekali pun tindakan itu bukan sebuah pelanggaran berat.

Seperti diketahui, penyebaran virus Corona atau Covid-19 bisa melalui droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung. Batuk, meludah, bersin, atau sekadar membuka mulut saja dapat mengeluarkan droplet yang mengandung Covid-19. Karena itu, disarankan agar menjaga jarak antar manusia.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: