Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Virus Corona Menyebar Lewat Udara, Ilmuwan Bilang Begini...

Virus Corona Menyebar Lewat Udara, Ilmuwan Bilang Begini... Kredit Foto: IStockPhoto/Manjurul
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ratusan ilmuwan mengatakan ada bukti bahwa virus corona baru dalam partikel yang lebih kecil di udara dapat menginfeksi manusia. Mereka menyerukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk merevisi rekomendasinya terkait penyebaran virus tersebut, demikian dilaporkan New York Times.

Saat ini rekomendasi WHO mengatakan bahwa penyakit virus corona menyebar terutama dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut, yang dikeluarkan ketika seseorang dengan Covid-19 batuk, bersin atau berbicara.

Baca Juga: Virus Corona Bakal Hilang Sendiri, Tak Butuh Vaksin karena...

NYT melaporkan, dalam sebuah surat terbuka kepada WHO, yang rencananya akan dipublikasikan oleh para jurnalis dalam jurnal ilmiah pekan depan, 239 ilmuwan di 32 negara menguraikan bukti yang menunjukkan partikel yang lebih kecil dapat menginfeksi manusia.

"Kami mengetahui artikel itu dan sedang meninjau isinya dengan pakar teknis kami," kata Juru Bicara WHO, Tarik Jasarevic dalam email balasan kepada Reuters.

Para ilmuwan mengatakan bahwa baik dalam tetasan besar setelah bersin, atau tetesan yang lebih kecil yang dihembuskan, virus corona dibawa melalui udara dan dapat menginfeksi orang ketika dihirup.

Namun, menurut laporan NYT, WHO mengatakan bahwa bukti virus terbawa di udara tidak meyakinkan

“Terutama dalam beberapa bulan terakhir, kami telah menyatakan beberapa kali bahwa kami menganggap penularan melalui udara sebagai hal yang mungkin tetapi tentu saja tidak didukung oleh bukti yang kuat atau bahkan jelas,” kata Dr. Benedetta Allegranzi, pimpinan teknis pencegahan dan pengendalian infeksi WHO seperti dikutip oleh NYT.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: