Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ingat Nih Wejangan Sekjen ASEAN: Solidaritas Negara Anggota Penting di Masa Pandemi

Ingat Nih Wejangan Sekjen ASEAN: Solidaritas Negara Anggota Penting di Masa Pandemi Kredit Foto: Antara/Antara
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi mengatakan, terlepas dari pandemi Covid-19, penyelenggaraan KTT ke-36 ASEAN adalah demonstrasi nyata dari solidaritas dan kepemimpinan ASEAN yang diwujudkan dalam kerja sama regional yang konkret. Menurutnya, solidaritas seperti itu sangat dibutuhkan dalam menanggapi pandemi ini.

"Kami mengharapkan upaya kolaboratif yang lebih besar dalam berbagi informasi dan pengetahuan, tidak hanya di bidang pengembangan medis, tetapi juga dalam kebijakan domestik terkait keamanan sosial dan kesehatan mengingat dampak luas Covid-19 pada masyarakat," ucap Lim, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Jumat (26/6/2020).

Baca Juga: Jokowi Akui Tantangan Negara-negara ASEAN Menghadapi Covid-19 Semakin Berat karena...

Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc selaku ketua dan tuan rumah KTT ke-36 ASEAN mengatakan bahwa untuk pertama kalinya dalam lebih dari setengah abad, KTT ASEAN diadakan secara virtual. Menurutnya, pandemi Covid-19 juga telah mengubah cara bekerja semua orang.

"Covid-19 yang muncul dan dengan cepat meluas dari awal tahun ini, telah menyapu bersih prestasi yang telah dikumpulkan manusia selama bertahun-tahun, merampas dan mengancam kehidupan jutaan orang," ungkapnya.

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sendiri dalam pertemuan itu mengatakan bahwa rivalitas kekuatan dunia dan pesimisme terhadap multilateralisme membuat situasi semakin sulit. Dalam pertemuan itu, Jokowi juga mendorong adanya koridor wisata ASEAN. Ini dilakukan untuk kembali mendorong pemulihan ekonomi di kawasan.

Dengan adanya Koridor Wisata ASEAN ini diharapkan pertumbuhan ekonomi ASEAN bisa cepat kembali pulih. Selain itu, hal ini juga dapat menunjukkan arti strategis dari komunitas ASEAN, baik di kawasan maupun di mata internasional.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: