Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pahami Biar Gak Terjadi! Dokumen CDC Peringatkan Varian Delta Bisa Menyebar Seperti Cacar Air

Pahami Biar Gak Terjadi! Dokumen CDC Peringatkan Varian Delta Bisa Menyebar Seperti Cacar Air Kredit Foto: Reuters/Tami Chappell
Warta Ekonomi, Washington -

Virus corona Varian Delta yang melonjak di seluruh Amerika Serikat (AS) tampaknya menyebabkan penyakit yang lebih parah dan menyebar semudah cacar air. Pernyataan ini naik ke publik menurut dokumen internal dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS yang diperoleh The Washington Post.

Dokumen menguraikan data yang tidak dipublikasikan yang menunjukkan orang yang divaksinasi penuh mungkin menyebarkan varian Delta pada tingkat yang sama dengan orang yang tidak divaksinasi, menurut The Washington Post.

Baca Juga: Varian Delta Makin Ganas, Satgas Ajak Organisasi Keagamaan Terjun Langsung Cegah Penyebaran

Seorang pejabat kesehatan federal mengatakan kepada surat kabar itu bahwa data, yang diharapkan akan dirilis pada Jumat (30/7/2021), memainkan peran besar dalam pedoman masker terbaru CDC. Organisasi itu merekomendasikan agar orang yang divaksinasi penuh memakai masker di dalam ruangan ketika berada di daerah dengan penularan "substansial" dan "tinggi".

Berita tentang dokumen tersebut datang dengan latar belakang meningkatnya kasus virus corona secara nasional. AS rata-rata lebih dari 61.300 kasus harian baru selama seminggu terakhir --rata-rata yang umumnya meningkat sejak negara itu mencapai level terendah 2021 dari 11.299 kasus harian pada 22 Juni, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Pada Rabu (28/7/2021), kasus telah meningkat di semua kecuali satu negara bagian dalam tujuh hari terakhir dibandingkan dengan minggu sebelumnya, menurut Johns Hopkins.

Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky mengatakan kepada CNN "Hari Baru" Rabu bahwa "dengan varian sebelumnya, ketika (divaksinasi) orang memiliki infeksi terobosan langka ini, kami tidak melihat kapasitas mereka untuk menyebarkan virus ke orang lain."

Namun, penyelidikan wabah yang dilakukan dalam beberapa minggu terakhir menunjukkan orang yang divaksinasi yang tertular varian Delta yang sangat menular "sekarang dapat menularkannya ke orang lain," kata Walensky.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: