Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantap Betul! GeNose C19 Bakal Digunakan di Seluruh Indonesia Secara Bertahap

Mantap Betul! GeNose C19 Bakal Digunakan di Seluruh Indonesia Secara Bertahap Kredit Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah menerapkan penggunaan alat deteksi Covid-19, GeNose baik untuk perjalanan melalui jalur udara, darat maupun laut. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 12 tahun 2021, menggantikan SE sebelumnya yakni SE Nomor 7 tahun 2021.

Saat ini GeNose sudah diterapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di delapan stasiun Kereta Api (KA) yaitu, Stasiun Senen dan Gambir di Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Solo Balapan, Yogyakarta Tugu dan Surabaya Pasar Turi. Rencananya penggunaan GeNose akan terus ditambah hingga ke 44 stasiun KA yang ada di Jawa dan Sumatera.

Baca Juga: Per Hari ini, 4 Bandara Mulai Berlakukan Tes Covid Genose

Selain itu, GeNose juga akan diterapkan di sejumlah bandara yakni Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Husein Sastranegara (Bandung) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Penggunaan alat deteksi GeNose saat ini belum diterapkan secara menyeluruh di wilayah Indonesia. Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, penerapan GeNose di seluruh wilayah Tanah Air akan dilakukan secara bertahap. Baca Juga: GeNose Diterapkan di 4 Bandara, Menhub: Alhamdulillah

"GeNose akan diterapkan secara bertahap disesuaikan dengan ketersediaan alat dan perlengkapannya dari pihak produsen," ujar Adita saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (2/4/2021).

Meskipun telah diterapkan ke semua moda transportasi, Adita menyebut penggunaan alat deteksi GeNose akan terus dievaluasi pemerintah. "Selain itu juga akan dilakukan evaluasi dari waktu ke waktu untuk perbaikan kualitas layanan," kata dia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: