Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Temuan Awal Menjanjikan tapi Bos WHO Pastikan Asal-Usul Covid-19 Butuh Studi Lanjutan

Temuan Awal Menjanjikan tapi Bos WHO Pastikan Asal-Usul Covid-19 Butuh Studi Lanjutan Kredit Foto: Reuters/Denis Balibouse
Warta Ekonomi, Jenewa -

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan, semua hipotesis tentang asal-usul SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 tetap terbuka dan membutuhkan studi lebih lanjut. Hal itu dia sampaikan setelah membaca hasil penyelidikan misi WHO ke Wuhan, China. 

"Semua hipotesis terbuka, dari apa yang saya baca dari laporan, serta memerlukan studi lengkap dan lebih lanjut," kata Ghebreyesus dalam konferensi pers pada Senin (29/3/2021) kemarin. 

Baca Juga: Tim Investigasi WHO Ungkap Virus Corona Punya Inang Perantara karena Temuan...

Sebelumnya Associated Press (AP) berhasil memperoleh salinan draf tentang hasil studi bersama WHO dan China tentang asal-usul SARS-Cov-2 penyebab Covid-19.

Di dalamnya dijelaskan, skenario paling mungkin terkait rantai penyebaran adalah virus dibawa kelelawar, kemudian ditularkan ke manusia lewat hewan lain. Tim mengusulkan penelitian lebih lanjut di setiap area, kecuali hipotesis kebocoran laboratorium.

Para peneliti membuat daftar empat skenario dalam urutan kemungkinan. Mereka menyimpulkan penularan melalui hewan kedua sangat mungkin terjadi.

Mereka mengevaluasi kemungkinan penyebaran langsung dari kelelawar ke manusia. Penyebaran melalui produk makanan "rantai dingin" mungkin terjadi, tapi cukup mustahil.

Kerabat terdekat dari virus penyebab Covid-19 telah ditemukan pada kelelawar, yang diketahui membawa virus corona.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: