Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Program COVAX WHO Berjalan, Ghana dan Pantai Gading Jadi Penerima Dosis Pertama

Program COVAX WHO Berjalan, Ghana dan Pantai Gading Jadi Penerima Dosis Pertama Kredit Foto: Getty Images/AFP/Fabrice Coffrini
Warta Ekonomi, Abuja -

Ghana dan Pantai Gading memulai kampanye vaksinasi Covid-19 pada Senin (1/3/2021). Kedua negara tersebut menjadi yang pertama yang menggunakan vaksin yang disediakan oleh program COVAX Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

AFP melaporkan bahwa Presiden Ghana Nana Akufo-Addo dan Patrick Achi, sekretaris jenderal dari presiden Pantai Gading Alassane Ouattara menjadi yang pertama mendapatkan vaksinasi Covid-19 di masing-masing negara.

Baca Juga: Gila Bener! Negara Kim Jong-un Nihil Kasus Covid-19 tapi Mau Dapat 2 Juta Dosis Vaksin COVAX

"Penting bagi saya untuk memberi contoh bahwa vaksin ini aman dengan menjadi yang pertama mendapatkannya, sehingga semua orang di Ghana dapat merasa nyaman menggunakan vaksin ini," kata Presiden Akufo-Addo, (76) dalam siaran langsung di mana dia menerima suntikan vaksin Covid-19. Dia sebelumnya pernah dinyatakan positif COVID-19 pada April 2020.

Lebih dari setengah juta dosis vaksin Oxford / AstraZeneca tiba di Accra dan Abidjan pekan lalu, bagian dari inisiatif global dalam kemitraan dengan WHO untuk menyediakan vaksin Covid-19 ke negara-negara miskin dengan biaya rendah, untuk memastikan inokulasi yang merata di negara-negara miskin.

Sejumlah negara telah berkontribusi pada program ini, tetapi pada saat yang sama negara-negara industri memperoleh lebih banyak dosis vaksin daripada yang mereka butuhkan, secara virtual memastikan peluncuran akan terus tidak merata.

Pemerintah Ghana berharap dua pertiga dari 30 juta penduduknya yang kuat divaksinasi pada akhir tahun, meskipun COVAX hanya akan mencakup 6 juta orang Ghana.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: