Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gagal Korek Corona Wuhan, Tim Pakar WHO Malah Bawa-bawa Kepala Babi yang...

Gagal Korek Corona Wuhan, Tim Pakar WHO Malah Bawa-bawa Kepala Babi yang... Kredit Foto: AFP/Getty Image
Warta Ekonomi, Beijing -

Para ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal usul virus Covid-19 di Wuhan, mengatakan virus corona mungkin berasal dari kepala babi impor.

Beijing telah menangguhkan impor produk makanan beku setelah bukti menunjukkan virus Sars-CoV-2 asli mungkin telah tiba di Pasar Grosir Makanan Laut Huanan dengan cara itu.

Baca Juga: Gak Dapat Apa-apa Selama 28 Hari, Tim Investigasi WHO Langsung Cabut dari Wuhan

Otoritas kesehatan China telah berulang kali melaporkan menemukan virus Covid-19 pada makanan beku termasuk kepala babi dan makanan laut, kedua produk tersebut kemungkinan besar telah dijual di Pasar Huanan.

Teori "transmisi rantai dingin" dibahas secara mencolok pada konferensi pers di Wuhan pada Selasa(9/2/2021). Saat itu tim ilmuwan internasional dari WHO mempresentasikan temuan penyelidikan selama sebulan mereka.

"Sars-CoV-2 dapat bertahan dalam kondisi yang ditemukan dalam makanan beku, kemasan dan produk rantai dingin," kata pejabat Komisi Kesehatan Nasional Liang Wannian.

Jika terbukti benar, ini akan mendukung teori China jika virus corona berasal dari luar Wuhan dan telah menginfeksi manusia sebelum infeksi Desember 2019 yang memulai pandemi global.

Pada Juni tahun lalu, Beijing dilaporkan menderita wabah Covid-19 pertama dalam 55 hari di pasar grosir makanan. Hal ini sempat membuat para penyelidik kebingungan, sampai akhirnya mereka menemukan kesamaan genetik antara infeksi dan sisa virus pada salmon beku impor.

Otoritas China mencoba menghubungkan beberapa wabah lagi dengan makanan impor, termasuk insiden November yang melibatkan kepala babi yang diimpor dari Amerika Utara.

Pejabat menemukan dua pekerja di kota pelabuhan Tianjin telah terinfeksi virus corona melalui kepala hewan, setelah menemukan sisa-sisa virus yang mirip secara genetik di tanah setelah kepala tersebut secara tidak sengaja terjatuh.

Namun otoritas kesehatan setempat tidak mengatakan apakah kepala babi itu telah dites positif terkena virus.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: