Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinopharm China Diborong Pemerintah Pakistan, 1,2 Juta Dosis Langsung Ludes

Sinopharm China Diborong Pemerintah Pakistan, 1,2 Juta Dosis Langsung Ludes Kredit Foto: Antara/REUTERS/Tatyana Makeyeva
Warta Ekonomi, Teheran -

Pemerintah Pakistan akan membeli 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Grup Farmasi Nasional China (Sinopharm) Co Ltd. Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Chaudhry Fawad Hussain mengumumkan pembelian vaksin pertama negara itu, Kamis.

Pakistan saat ini menghadapi penularan Covid-19 gelombang kedua. Sementara itu, vaksin buatan Sinopharm pada hari ini (31/12/2020) menerima izin pakai dari Pemerintah China.

Baca Juga: Puji Tuhan Kabar Baik! Vaksin Sinovac Segera Didistribusikan Ke-34 Daerah

"Komite Kabinet memutuskan akan membeli 1,2 juta dosis vaksin dari perusahaan China Sinopharm, dan vaksin itu akan diberikan gratis untuk pasukan garda terdepan pada kuartal pertama 2021," kata Fawad Hussain sebagaimana dikutip dari unggahannya di media sosial Twitter.

Hussain kemudian mengatakan, Pakistan akan membeli vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Institut Produk-Produk Biologi Beijing, lembaga riset yang berada di bawah naungan Sinopharm. Setidaknya, ada dua kandidat vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinopharm.

Yang pertama dibuat oleh institut di Beijing dan satu lainnya dibuat oleh Wuhan Institute of Biological Products. Kedua kandidat vaksin itu saat ini masih menjalani evaluasi tahap akhir, yaitu uji klinis III.

Pakistan pada awal Desember 2020 menyetujui alokasi anggaran sebesar 150 juta dolar AS (sekitar 2,1 triliun) untuk membeli vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada kelompok warga rentan yang jumlahnya mencakup lima persen dari keseluruhan populasi. Pemerintah mengatakan pihaknya kemungkinan akan membeli vaksin tidak hanya dari satu perusahaan.

"Jika sektor swasta ingin mengimpor vaksin yang telah disetujui oleh negara-negara lain, mereka dapat melakukannya," kata Hussain.

Pakistan, negara berpenduduk 220 juta jiwa, masih menghadapi gelombang kedua penularan Covid-19. Otoritas setempat melaporkan 58 kematian baru sehingga total korban jiwa melewati angka 10 ribu jiwa. Sementara itu, pemerintah juga melaporkan 2.475 kasus positif baru sehingga total mencapai 479.715.

Pakistan turut berpartisipasi dalam uji klinis III untuk kandidat vaksin buatan CanSino Biologics yang diberi nama Ad5-nCoV. Vaksin itu dibuat oleh CanSino bersama Institut Kesehatan China. Perwakilan AJ Pharma, Hassan Abbas, pada Rabu mengatakan rekrutmen relawan untuk uji coba vaksin akan rampung dalam waktu 10 hari.

AJ Pharma merupakan satu dari lima perusahaan yang telah mengajukan izin distribusi vaksin di Pakistan ke CanSino jika vaksin itu disetujui oleh pemerintah. Abbas menyebut, sejauh ini tidak ada efek samping yang serius dari uji klinis tahap III vaksin Covid19 buatan CanSino.

"Hasil sementara akan diumumkan empat atau lima hari setelah selesai proses rekrutmen, dan (laporan, red) ini juga akan melaporkan kemanjuran vaksin," kata Abbas.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: