Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kejar Vaksin Sputnik V, Rusia Jamin Harga buat Indonesia Terjangkau

Kejar Vaksin Sputnik V, Rusia Jamin Harga buat Indonesia Terjangkau Kredit Foto: Antara/REUTERS/Tatyana Makeyeva
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Rusia menyatakan kesiapannya untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia, dalam produksi obat dan distribusi vaksin COVID-19. Duta Besar Rusia, Lyudmila Vorobieva, menyebut saat ini ada sekitar tiga vaksin yang tengah dikembangkan negaranya.

Dubes Vorobieva mengatakan, salah satu vaksin yang tengah dikembangkan adalah vaksin sputnik. Dia menyebut vaksin tersebut kini sudah dalam tahap uji klinis fase ketiga pascapendaftaran.

Baca Juga: Gak Mau Kalah, Rusia Ngaku Vaksin Sputnik V Juga 90 Persen Efektif

"Program tersebut melibatkan lebih dari 40.000 orang, termasuk 10.000 orang yang menerima dosis vaksin. Pengembangan ini tidak hanya di Rusia, tapi juga melibatkan beberapa negara termasuk India, Brasil dan Belarus. Kita juga bekerja sama dengan WHO untuk vaksin ini," kata Vorobieva dalam keterangan pers virtual.

Dua vaksin lainnya yang juga masih dikembangkan, antara lain vaksin vektor dan vaksin epiVac. Untuk vaksin vektor saat ini sudah memasuki tahapan uji klinis kedua. Sementara itu, epiVac kini sedang dalam tahap uji klinis pertama.

"Kami sangat berharap vaksin kedua dan ketiga ini juga akan segera dirilis. Kami berharap dapat mulai memproduksi vaksin massal di masa mendatang, dan segera didaftarkan akhir tahun ini," ujarnya.

Terkait kerja sama dengan Indonesia, Dubes Vorobieva menyebut semua pemangku kepentingan di Rusia telah siap bekerja sama dengan Indonesia. Bahkan telah ada beberapa perusahaan Indonesia yang menyatakan minat terhadap vaksin buatan Rusia.

"Beberapa perusahaan di Indonesia telah menunjukkan minat. Pembicaraan mereka berjalan dengan baik. Mengenai harga vaksin saya belum tahu, tapi yang bisa saya katakan adalah harga yang terjangkau," ujarnya. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: