Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jatim Bebas dari Status Zona Merah, Khofifah Tetap Rajin Gelar Testing

Jatim Bebas dari Status Zona Merah, Khofifah Tetap Rajin Gelar Testing Kredit Foto: Sindonews
Warta Ekonomi, Surabaya -

Provinsi Jawa Timur masih mempertahankan status bebas zona merah dalam dua pekan terakhir. Kendati begitu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa ogah lengah. Bersama instansi mitra, ia tetap menggencarkan testing, baik untuk screening dan tracing, dan operasi yustisi agar penyebaran COVID-19 tetap bisa ditekan.

Khofifah mengatakan, data per Minggu, 18 Oktober 2020, penggunaan rapid test baik antibodi maupun antigen untuk kegiatan screening dan tracing di Jatim mencapai 1.005.807 sampel. Dari jumlah itu, ditemukan 84.436 kasus yang reaktif dan ketika di-follow up dengan menggunakan PCR ditemukan 15.247 kasus positif COVID-19.

Baca Juga: Pola Makan Sehat untuk Cegah Corona | Infografis

Khofifah bersyukur karena merasa aparatnya konsisten melakukan screening dan tracing secara masif. Menurutnya, upaya itu turut membantu menurunkan penularan COVID-19 di wilayahnya. Sebab kasus aktif COVID-19 di Jawa Timur tinggal 5,56 persen.

"Saat ini screening dan tracing di Jatim berkontribusi terhadap hampir sepertiga temuan kasus COVID-19 di Jawa Timur," kata Khofifah di Kabupaten Pacitan.

Ia menjelaskan, screening di Jawa Timur difokuskan pada lokasi yang berisiko tinggi, utamanya terhadap mereka yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19. Selain screening, upaya lain yang menurutnya efektif menekan penularan COVID-19 ialah operasi yustisi yang sampai sekarang terus digalakkan di seluruh daerah di Jawa Timur.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: