Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketika Negara Afrika Berharap Dapat Pasokan Vaksin Sputnik V Rusia

Ketika Negara Afrika Berharap Dapat Pasokan Vaksin Sputnik V Rusia Kredit Foto: Creative Commons
Warta Ekonomi, Moskow -

Negara-negara Afrika berharap menerima pasokan vaksin virus corona, Sputnik V yang dikembangkan Rusia. Hal itu disampaikan sekretaris eksekutif  Intergovernmental Authority on Development (IGAD)Dr Workneh Gebeyehu saat membahas isu itu di Moskow.

"Salah satu isu yang saya bahas dengan Menteri (Luar Negeri Rusia Sergey) Lavrov adalah pesan dari negara-negara IGAD, dari Kepala Negara dan pemerintah negara-negara IGAD yang saya wakilkan, mereka bertanya pada saya Afrika harus menerima vaksin ini," kata Gebeyehu, seperti dikutip media Rusia, Sputnik, Senin (21/9/2020).

Baca Juga: Sah, WHO Siapkan Uji Klinis Herbal Afrika sebagai Obat Covid-19

Gebeyehu mengatakan sebagai mitra baik Rusia, ia menyampaikan pesan tersebut ke Lavrov. Gebeyehu mengatakan menteri luar negeri Rusia itu menanggapinya dengan positif. Ia berharap dapat segera mendapatkan vaksin Sputnik V ketika vaksin itu sudah dipastikan berfungsi dengan baik.

Hingga Senin ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat lebih dari 1,1 juta kasus infeksi virus corona di Afrika. Ketua IGAD mengungkapkan keinginan negara-negara Afrika untuk mendapatkan vaksin Rusia.

"Kami tidak bisa mengkarantina diri kami terus menerus, kami, kami tidak bisa tetap tinggal di rumah, ada banyak remaja di Afrika, banyak dari mereka yang tak memiliki pekerjaan, masyarakat tidak bisa diam di rumah dan meninggal, hal ini membutuhkan intervensi darurat, itulah mengapa kami meminta, tidak hanya untuk wilayah Tanduk Afrika atau IGAD, tapi untuk seluruh Afrika," kata Gebeyehu.

Ia mengatakan meminta Rusia untuk mempertimbangkan Afrika sebagai penerima vaksin Covid-19. Vaksin Sputnik V itu dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology dan diproduksi bersama  Russian Direct Investment Fund. Saat ini uji klinis vaksin itu sudah memasuki tahapan ketiga.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: