Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jenis-jenis Masker dengan Perlindungan Minim untuk Covid-19

Jenis-jenis Masker dengan Perlindungan Minim untuk Covid-19 Kredit Foto: Forbes
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tidak semua masker memiliki efektivitas yang sama dalam memberikan perlindungan di tengah pandemi Covid-19. Sebuah tes sederhana mampu menunjukkan jenis makser mana yang terbaik.

Tes sederhana ini dilakukan oleh tim peneliti dari Duke University terhadap berbagai variasi masker. Tes ini dilakuak untuk melihat jenis masker apa saja yang dapat menghentikan droplet dari mulut penggunanya.

Baca Juga: Virus Corona Itu Ukuran 0,1 Mikron, Pakai Masker yang Apa Dong?

"Kami mengonfirmasi bahwa ketika orang-orang bicara, droplet berukuran kecil akan keluar, sehingga penyakit (Covid-19) bisa disebarkan melalui berbicara, tanpa batuk atau bersin," ungkap salah satu peneliti sekaligus ahli kimia dan fisika Martin Fischer, seperti dilansir WebMD, Senin (10/8/2020).

Dalam tes ini, tim peneliti hanya menggunakan beberapa alat sederhana seperti sebuah kotak, sebuah laser, sebuah lensa, dan sebuah kamera ponsel.

Hasil tes sederhana ini menunjukkan bahwa masker N95 tanpa katup memiliki kinerja terbaik untuk menghentikan droplet. Di posisi terbaik selanjutnya adalah masker bedah atau masker polipropilena. Masker kain berbahan katun juga dapat menghentikan banyak droplet yang keluar saat penggunanya berbicara.

Akan tetapi, ada dua jenis masker yang dinilai kurang efektif dalam menghentikan droplet. Kedua jenis masker tersebut adalah masker yang dibuat dari kain bandana dan neck fleece atau buff masker.

Fischer mengatakan tes yang mereka lakukan merupakan sebuah bentuk demonstrasi. Dibutuhkan investigasi yang lebih beragam pada masker, pengguna, dan juga cara pakai masker pada orang-orang untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: