Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nakes Banyak yang Gugur, Apa Kata Pemerintah?

Nakes Banyak yang Gugur, Apa Kata Pemerintah? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan soal tingginya tingkat kematian tenaga kesehatan (nakes) karena Covid-19 di Tanah Air. Indonesia disebut menempati peringkat ketiga tertinggi di dunia untuk kematian nakes.

"Terkait dengan tenaga kesehatan ini banyak yang gugur dalam melawan Covid-19, pemerintah tidak memiliki toleransi terhadap kondisi ini dan kami berusaha keras untuk mencegah terjadinya korban yang lebih banyak lagi," kata Wiku di kantor Presiden di Jakarta, Kamis (6/8).

Sebelumnya Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut Indonesia menempati peringkat ketiga kematian nakes tertinggi di dunia. Persentase kematian nakes 2,4 persen dari total 89 kematian nakes akibat Covid-19 per 13 Juli 2020 yang dihimpun Pandemic Talks.

Sedangkan hingga 1 Agustus lalu, IAKMI mencatat jumlah kematian nakes akibat Covid-19 bertambah 153 kasus dengan rincian 73 kasus kematian dokter, disusul perawat (55 kematian), dan lainnya.

Menurut Wiku, Indonesia telah memiliki alat pelindung diri (APD) buatan lokal dengan nama Ina United yang telah lolos dengan standar internasional tertinggi, yaitu ISO 1660.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: