Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puskesmas Ini Di-Lockdown Gegara Satu Orang

Puskesmas Ini Di-Lockdown Gegara Satu Orang Kredit Foto: BNI
Warta Ekonomi, Blitar -

Puskesmas Wlingi di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, di-lockdown setelah menerima pasien yang belakangan diketahui terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). Puskesmas tutup pada 28 Juli hingga 3 Agustus 2020.

"Betul (di-lockdown)," ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti, Selasa (28/7/2020).

Pasien gejala yang mengarah Covid-19 awalnya dirawat di rumah. Pada Senin (20/7/2020), petugas Puskesmas Wlingi mendatangi dan memeriksanya. Melihat kondisi pasien, petugas kesehatan menyarankan dirujuk ke rumah sakit.

Baca Juga: Malaysia Aja Mau Lockdown Lagi Kalau Kasus Capai 100 Sehari!

"Karena masih koordinasi dengan petugas rumah sakit, pasien dirawat di Puskesmas Wlingi," kata Krisna Yekti.

Di puskesmas, pasien yang ditangani enam orang petugas medis dengan baju APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, mengalami muntah dan diinfus. Sesuai permintaannya, pasien sempat dibawa ke rumah sakit swasta.

Namun tidak berlangsung lama langsung dirujuk ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Di rumah sakit petugas langsung melakukan rapid test dan swab test yang keluar Rabu (22/7/2020).

"Swabnya terkonfirmasi positif Covid-19," ucap Krisna Yekti.

Mengetahui pasien yang pernah dirawat di Puskesmas Wlingi terkonfirmasi positif Covid-19, enam petugas langsung diminta mengisolasi mandiri. Sebagai antisipasi, puskesmas juga di-lockdown. Sejak Selasa (28/7), Puskesmas Wlingi tidak melayani pasien selama enam hari ke depan.

"Enam orang petugas kesehatan juga menjalani swab test," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: