Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Luhut Sebut Corona Bawa Dampak Positif ke Indonesia, Soalnya...

Luhut Sebut Corona Bawa Dampak Positif ke Indonesia, Soalnya... Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pandemi virus corona atau Covid-19 memiliki sisi positif tersendiri. Pandemi ini, menurut Luhut, adalah sebuah wake up call bagi Indonesia.

Menurutnya, tanpa adanya pandemi virus corona, Indonesia tidak sadar menjadi salah satu negara pengimpor obat-obatan tertinggi.

Baca Juga: Luhut Ingatkan Investor: Jangan Main-Main!

"Kita jadi sadar bahwa ternyata industri obat-obatan kita terbatas dan ternyata impor obat-obatannya tinggi," ujar Luhut dalam sebuah webinar di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Lockdown India yang lalu membuat Indonesia kelabakan karena selama berpuluh-puluh tahun lamanya Indonesia mengekspor parasetamol dari India.

"Oleh karena itu, Pak Presiden mengeluarkan perintah agar dana APBN dan stimulus digunakan sebanyak mungkin untuk industri kesehatan," ucap Luhut.

Selain itu, Indonesia sekarang juga menjadi negara aktif dalam research and innovation terkait Covid-19. Hal ini juga mengingat Indonesia adalah negara kaya dengan market yang besar.

"Kerja sama vaksin kita juga sudah jalan, Sinovac dengan China, terus juga ada vaksin G42 UAE, CEPI, dan juga GeneXine Inc dengan Korea Selatan. Jika berhasil, paling lambat lah awal tahun depan kita bisa produksi (vaksin)," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: