Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kabar Baik, Pakar WHO Bilang Vaksin Covid-19 Tercepat Tersedia...

Kabar Baik, Pakar WHO Bilang Vaksin Covid-19 Tercepat Tersedia... Kredit Foto: IStockPhoto/Manjurul
Warta Ekonomi, Jenewa -

Kepala Program Kedaruratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mike Ryan menyambut baik atas kemajuan peneliti mengembangkan vaksin melawan Covid-19 dengan beberapa percobaan tahap akhir, Rabu (22/7/2020). Akan tetapi, dia mengingatkan penggunaan pertama vaksin untuk seluruh masyarakat tidak dapat diharapkan sampai awal 2021.

"Secara realistis itu akan menjadi bagian pertama tahun depan sebelum kita mulai melihat orang-orang mendapatkan vaksinasi," kata Ryan menanggapi kabar baik tentang beberapa vaksin dalam uji coba fase 3. Sejauh ini tidak ada yang gagal dalam hal keamanan atau kemampuan untuk menghasilkan respons kekebalan.

Baca Juga: Apa Karena Vaksin dari China PKS Jadi Kesal?

Ryan menyatakan, ketika vaksin sudah siap tersedia untuk masyarakat umum, WHO akan memastikan distribusinya berjalan adil. Cara tersebut dinilai menjadi kunci menuntaskan pandemi karena setiap hari kasus baru di seluruh dunia berada pada tingkat yang mendekati rekor tertinggi.

WHO pun bekerja untuk memperluas akses ke vaksin potensial dan untuk membantu meningkatkan kapasitas produksi.

"Dan kita harus adil tentang ini, karena ini adalah barang global. Vaksin untuk pandemi ini bukan untuk orang kaya, mereka bukan untuk orang miskin, mereka untuk semua orang," kata Ryan.

Ryan juga memperingatkan sekolah untuk berhati-hati membuka kembali sampai transmisi komunitas terkendali.

"Kita harus melakukan segala yang mungkin untuk membawa anak-anak kita kembali ke sekolah dan hal paling efektif yang bisa kita lakukan adalah menghentikan penyakit di komunitas kita. Karena jika kamu mengendalikan penyakit di masyarakat, kamu bisa membuka sekolah," ujarnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: