Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inggris Bakal Produksi dan Bagikan Gratis Tes Antibodi Covid-19

Inggris Bakal Produksi dan Bagikan Gratis Tes Antibodi Covid-19 Kredit Foto: Reuters/Toby Melville
Warta Ekonomi, Jakarta -

Para menteri Inggris sedang berencana mendistribusikan jutaan tes antibodi virus corona gratis. Sebuah versi tes antibodi dukungan pemerintah Inggris berhasil melewati uji coba besar pertama, demikian laporan Daily Telegraph pada Jumat (17/7).

Tes tusuk jari (finger prick test) untuk mengambil darah itu dinyatakan 98,6 persen akurat dalam uji coba pada manusia yang digelar pada Juni, menurut laporan harian tersebut. Tes itu dapat memberi tahu dalam 20 menit jika seseorang pernah terpapar virus corona.

Baca Juga: Agresif, Inggris Kerahkan Kekuatan Penuh buat Lawan China di LCS

Surat kabar tersebut mengatakan bahwa tes itu dikembangkan oleh UK Rapid Test Consortium (UK-RTC), yang merupakan kerja sama antara Universitas Oxford dan perusahaan diagnosis terkemuka Inggris. Satu-satunya tes antibodi Inggris yang disetujui sampai saat ini mencakup sampel darah yang dibawa ke laboratorium untuk dianalisis, yang dapat berlangsung selama beberapa hari, menurut Telegraph.

Untuk mengantisipasi restu regulator dalam beberapa pekan mendatang, puluhan ribu prototipe telah diproduksi di pabrik-pabrik di seluruh Inggris, lapor harian itu. Para menteri berharap agar tes aliran lateral AbC-19 tersedia untuk digunakan dalam program pemindaian massal sebelum akhir tahun ini, kata Telegraph.

"(Tes) itu dinyatakan 98,6 persen akurat dan itu kabar yang sangat baik," kata Chris Hand, pimpinan UK-RTC, seperti dikutip Telegraph.

Baca Juga: Inggris Boikot Huawei, China: Kami Akan Ambil Tindakan Tegas!


"Kami beserta mitra kami menggenjot produksi ratusan ribu dosis setiap bulannya," kata Hand.

Menurut Hand, departemen kesehatan pemerintah sedang membahas pembelian jutaan tes dengan UK-RTC sebelum akhir tahun. Tes tersebut sepertinya akan diberikan secara gratis dan akan dipesan melalui daring alih-alih dijual di supermarket, menurut rencana yang dikutip surat kabar itu.

"Sementara tes ini membantu kami lebih memahami bagaimana virus corona menyebar di seluruh negeri, kami belum mengetahui apakah antibodi mengindikasikan kekebalan dari infeksi ulang atau penularan," kata juru bicara departemen kesehatan dan sosial, seperti dikutip Telegraph.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: