Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dihantui Corona, Dear UMKM, Ini Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan

Dihantui Corona, Dear UMKM, Ini Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Kredit Foto: Unsplash/Mimi Thian
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang menyerang hampir seluruh dunia memberikan dampak besar bagi sektor ekonomi. Tanpa terkecuali, sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ikut terimbas.

Bahkan, para pelaku UMKM terseok-seok menghadapi bisnis yang melemah, bahkan ada juga yang sudah gulung tikar. Tentu saja jika hanya berpangku tangan bisnis UMKM yang dilakukan bisa berhenti beroperasi sementara sampai selamanya.

Baca Juga: Jepang Khawatir Banjir Tingkatkan Risiko Penyebaran Virus Corona

Baca Juga: UMKM Akan Diguyur Modal Kerja Hingga Rp100 Triliun

Maka dari itulah, perlu adanya usaha lebih dari berinovasi, melakukan pemasaran kreatif melalui digital marketing supaya bisnis yang dilakukan bisa bertahan di tengah gempuran corona. Dilansir dari Moneyfazz, Rabu (8/7/2020), berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa bertahan. 

1. Berinovasi Sesuai dengan Kebutuhan Pasar

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan pasar. Pada pandemi corona sekarang ini banyak sekali kebutuhan masyarakat yang bisa dijadikan peluang. Misalnya saja kebutuhan akan masker. Sejak beberapa waktu terakhir, kebutuhan akan masker kain melonjak hebat. Hal ini bisa jadi peluang tersendiri supaya bisnis tetap bertahan.

Misalnya saja jika selama ini bergerak dalam bidang konveksi, bisa saja beralih ke masker atau APD (alat perlindungan diri). Dalam kondisi seperti ini, menjadi fleksibel dan mengerti kebutuhan pasar merupakan pilihan yang sangat bijak. Jangan sampai karena tidak berinovasi, usaha malah terbengkalai dan selalu merugi.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: