Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rancangan Ibu Kota Negara Baru Dikaji Pakai Dermaga Apung

Rancangan Ibu Kota Negara Baru Dikaji Pakai Dermaga Apung Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Rencana terkait pembangunan Ibu Kota Negara baru yang terus menjadi perhatian publik saat ini. Khususnya mengenai infrastruktur seperti apa yang akan dibagun serta teknologi apa yang digunakan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah infrastruktur di bidang transportasi. Karena itu, Kementerian Perhubungan terus melakukan kajian menggandeng banyak pihak seperti akademisi, untuk menentukan yang terbaik.

Baca Juga: Mas Anies Keluarkan Imbauan yang Tidak Main-Main, Warga Ibu Kota Jangan Kemana-mana, Jangan!

Kali ini, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub), Kemenhub melakukan penandatangan kontrak kerja sama penelitian ditandatangani antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan (Puslitbang Transportasi LSDP) dengan Unhas.

Fokus kajian yang dilakukan terkait potensi pengoperasian dan desain floating wharf barge sebagai salah satu infrastruktur canggih di IKN baru.

"Tahun ini dilakukan kerja sama penelitian terkait Floating Wharf Barge sebagai Infrastruktur Penunjang Ibu Kota Negara yang diharapkan dapat mendukung pembangunan dan pengembangan infrastruktur pendukung di IKN,” ujar Kapuslitbang Transportasi LSDP, Gunung Hutapea dikutip dari keterangannya, Sabtu (19/6/2021).

Dia menjelaskan, floating wharf barge merupakan sebuah bentuk dermaga terapung yang merupakan modifikasi dari kapal barge dengan memperkuat struktur konstruksinya. Dermaga ini mampu menangani beban kegiatan bongkar muat barang di atasnya sekaligus dilengkapi dengan peralatan untuk menjaga stabilitas dan kekedapannya.

Penandatangan kerja sama dilakukan Kamis, 17 Juni lalu. Dalam kesempatan itu, Sekretaris Balitbanghub Pandu Yunianto mengungkapkan bahwa Balitbanghub memiliki tugas melakukan penelitian dan pengembangan transportasi di tanah air. Termasuk untuk IKN baru.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: