Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Beredar Surat Edaran MA, Perampok Jiwasraya Bentjok dan Heru Hidayat Terancam Hukuman Berat

Beredar Surat Edaran MA, Perampok Jiwasraya Bentjok dan Heru Hidayat Terancam Hukuman Berat Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dekan Fakultas Hukum Universitas Pakuan, Yenti Garnasih memberikan apresiasi terkait keputusan hakim yang menjatuhkan pidana penjara seumur hidup pada pelaku tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). 

Menurutnya, vonis terhadap empat terpidana tersebut merupakan keputusan spektakuler bahkan vonis dua orang dari terpidana tersebut lebih berat dari tuntutan hakim. 

"Putusan kali ini benar-benar spektakuler. Semua diputuskan penjara seumur hidup. Bahkan putusan yang dua orang di atas tuntutan JPU," ujarnya dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Ruang Anak Muda, Kamis (22/10/2020).  Baca Juga: Mengintip Harta Kekayaan Mantan Dirut Jiwasraya yang Capai Rp17 M

Namun, ia juga mengingatkan agar putusan dua terdakwah yang tengah menjelang sidang vonis yakni Pemilik PT Maxima Integra Investama sekaligus Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk, Heru Hidayat dan Direktur Utama PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputro (Bentjok) tidak jauh berbeda dari putusan empat orang sebelumnya. 

Hal demikian lanjutnya, didasarkan pada surat edaran Mahkam Agung (MA) yang tidak memperbolehkan terjadi disparitas hukuman pada perkara yang sama. 

"Mengacu surat edaran Mahkamah Agung, putusan untuk perkara yang sama, disparitasnya tidak boleh terlalu mencolok. Tentu bukan untuk membatasi hakim, namun hakim tetap mempunyai keleluasaan di sana," tuturnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: