Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hati-hati! Stres di Masa Pandemi Berdampak ke Psikologis Anak

Hati-hati! Stres di Masa Pandemi Berdampak ke Psikologis Anak Kredit Foto: English First
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani Sani Budiantini Hermawan mengakui banyak orangtua yang merasa stres di tengah pandemi. Hal ini menurutnya dikarenakan ketidakpastian kapan pandemi akan berakhir.

Namun, ia menyarankan agar orangtua tidak memperlihatkan stres mereka terhadap anak. Hal ini turut mempengaruhi kondisi mental anak.

"Memang ini tantangan lagi. Bagaimana dibuat kegiatan di rumah yang menarik, yang menyenangkan dan anak fun, sehingga anak nggak merasa bosan di rumah," kata Sani dalam acara COVID-19 dalam Dongeng: Edukasi Pandemi Usia Dini di saluran YouTube BNPB, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga: Alhamdulillah, Belanda Siap Kasih Dana Kompensasi Rp86 Juta buat Anak Indonesia

Anak akan otomatis merasa stres jika orangtuanya terlihat stres menurut Sani. Disinilah menurut Sani, orangtua perlu memperlihatkan optimisme kepada anak.

Orangtua juga perlu memperhatikan bagaimana mengedukasi Covid-19 kepada anak. Menurut Sani, banyak orangtua yang masih keliru dalam mengedukasi bahaya Covid-19.

"Jangan sampai orangtua menekan anak waktu memberi tahu sehingga anak malah stres, malah dia berkebalikan, gitu. Nggak mau pakai masker, cuci tangan, karena stres orangtuanya terlalu memaksa," katanya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: