Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wakil Anies Bongkar Jurus Pemprov DKI Antisipasi Banjir di Ibu Kota

Wakil Anies Bongkar Jurus Pemprov DKI Antisipasi Banjir di Ibu Kota Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membuka jurus Pemprov DKI dalam menghadapi banjir yang diprediksi akan mengguyur ibu kota sampai akhir tahun ini. Ia menyebut penggunaan pompa penyedot air akan diandalkan.

"Di dunia ini di semua negara-negara yang mengalami banjir ya pasti salah satunya mengandalkan pompa, selain program program lainnya," kata Riza di Jakarta, Kamis.

Karena selalu pompa begitu diandalkan dalam hal penanganan banjir Jakarta, politisi Gerindra ini mengatakan setiap tahun pemprov selalu menambah jumlah pompa yang akan disebar di Jakarta.

"Ya kalau terkait pompa itu, selalu ada perbaikan atau revitalisasi. Selalu ada juga yang baru," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air (SDA) pompa yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta sejauh ini mencapai 712 unit. Ada tiga jenis pompa yang dimiliki yakni yaitu Pompa Stasioner, Pompa Portabel dan Pompa Apung.

Untuk pompa Stasioner jumlahnya mencapai 487 unit yang dipasang di 178 lokasi rawan banjir. Sementara pompa portabel sudah tersedia sebanyak 160 unit. Pompa portabel milik Pemda DKI punya kapasitas 400 liter per detik.

Lalu untuk pompa apung sebanyak 65 unit yang telah disebar ke lima wilayah DKI Jakarta dan masing-masing wilayah mendapatkan 13 unit. Walau begitu, Riza masih mengeluhkan kalau jumlah pompa ini masih kurang dan belum memadai untuk menangani banjir Ibu Kota.

"Kalau bicara pompa di Jakarta ini, sekalipun kita punya pompa dalam jumlah yang banyak, ya jumlahnya masih kurang. Setiap tahun kita selalu menambah pompa," ucapnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: