Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

LSM Myanmar Laporkan Lebih dari 900 Orang Tewas selama Kudeta Junta Militer

LSM Myanmar Laporkan Lebih dari 900 Orang Tewas selama Kudeta Junta Militer Kredit Foto: AFP/Getty Image
Warta Ekonomi, Yangon -

Kelompok masyarakat sipil mencatat 936 orang tewas sejak militer melakukan kudeta di Myanmar pada 1 Februari lalu. Berdasarkan laporan Asosiasi Pendamping untuk Tahanan Politik (AAPP), Kamis dini hari, terdapat tambahan dua korban tewas asal wilayah Mandalay dan Bago.

AAPP melaporkan pasukan junta yang mengenakan pakaian bebas melepaskan tembakan ke arah aksi demonstrasi di Mandalay pada 27 Juli.

Baca Juga: Ketakutan, Wanita Hamil di Myanmar Pilih Melahirkan Diam-diam Hindari Junta Militer

Akibatnya, peserta aksi protes pro-demokrasi Thu Thu Zin tertembak dan tewas di tempat, sementara dua orang lainnya yakni Toe Toe Kyaw dan seorang perempuan terluka dan ditangkap.

“Toe Toe Kyaw dilaporkan dalam kondisi serius, kami sedang menunggu konfirmasi tentang kondisi wanita muda lainnya,” kata AAPP dalam keterangannya.

Pasukan junta, ujar AAPP, juga menembak warga bernama Tin Min Htut alias Ka Lar hingga tewas di Kota Pyay, Bago, pada 25 Juli.

Saat kejadian, Tin Min Htut sedang mengendarai motor dengan membawa penumpang seorang laki-laki, lalu tidak berhenti ketika diperintahkan junta. Adapun penumpang laki-laki tersebut melarikan diri.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: