Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pakar HAM Minta Junta Myanmar Buka Mata Lebar-lebar Tengok Kondisi Rakyat Kelaparan

Pakar HAM Minta Junta Myanmar Buka Mata Lebar-lebar Tengok Kondisi Rakyat Kelaparan Kredit Foto: Reuters/Stringer
Warta Ekonomi, Naypyidaw -

Pakar hak asasi manusia PBB di Myanmar, Tom Andrews pada Rabu (9/6/2021) memperingatkan bahwa, banyak warga yang kehilangan nyawa karena kelaparan dan penyakit di negara bagian Kayah, di Myanmar timur. Hal ini terjadi ketika pasukan junta melanjutkan tindakan keras yang mematikan di wilayah tersebut.

"Serangan brutal junta tanpa pandang bulu mengancam kehidupan ribuan pria, wanita dan anak-anak di negara bagian Kayah. Kematian massal karena kelaparan dan penyakit terjadi dalam skala yang belum pernah kita lihat sejak kudeta 1 Februari, di negara bagian Kayah," ujar Andrews, dilansir Anadolu Agency, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Baru Sedikit Digertak ASEAN, Pembelaan Junta Myanmar Makin Gak Masuk Akal

Andrews mengatakan, lebih dari 100 ribu orang terpaksa meninggalkan rumah dan desa mereka untuk menghindari serangan bom dan tembakan artileri oleh pasukan junta di negara bagian Kayah.

Banyak yang terpaksa masuk ke hutan tetangga tanpa makanan, air, dan tempat berlindung. Andrews mendesak semua aktor regional dan LSM untuk mengambil tindakan agar menghindari jumlah kematian warga sipil dalam jumlah besar.

"Telah dilaporkan bahwa pasukan junta menghentikan bantuan untuk menjangkau orang-orang yang putus asa ini dengan memasang blokade militer dan meletakkan ranjau darat di jalan umum," kata Andrews.

Di tengah kekacauan yang berlanjut di Myanmar sejak kudeta militer, junta melancarkan tindakan brutal terhadap warga sipil di berbagai wilayah negara itu. Negara bagian Kayah telah menjadi pusat kekerasan baru-baru ini.

Negara bagian Kayah telah menjadi pusat pertempuran sengit antara militer dan kelompok perlawanan bersenjata regional sejak 21 Mei. Pertempuran meletus ketika tentara melepaskan tembakan di daerah pemukiman Demoso dan menangkap 13 orang.

Militer atau Tatmadaw menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu. Militer menahan Suu Kyi dan para pemimpin lain dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi. Sejak kudeta Myanmar diwarnai aksi unjuk rasa yang menentang pemerintahan militer. Pasukan keamanan kemudian menindak para demonstran dengan kekuatan mematikan.

Militer mengatakan, tindakan mereka untuk melakukan kudeta adalah sah. Karena militer menduga ada kecurangan dalam pemilihan umum pada November lalu yang dimenangkan oleh Suu Kyi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: