Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pakar Nilai Turki Justru Perpanjang Konflik Nagorno-Karabakh

Pakar Nilai Turki Justru Perpanjang Konflik Nagorno-Karabakh Kredit Foto: DNA India
Warta Ekonomi, Jakarta -

Analis dari Center for Security Policy, Washington DC dan kandidat MA Kontraterorisme dari IDC Herzliya di Israel, Maya Carlin, menyebut Turki adalah pihak yang memperpanjang konflik di Nagorno-Karabakh. Dia menilai konflik lanjutan sejak 32 tahun lalu itu sebagian besar dipicu ambisi regional Turki.

Dalam tulisan yang ia unggah di National Interest pada Kamis (22/10/2020), bukan hanya kedekatan budaya antara Turki dan Azerbaijan dalam konflik itu yang memicu hasrat Turki ikut campur.

Baca Juga: Jet Tempur MiG-29 Bermanuver di Langit Armenia, Rusia Kembali Jadi Lawan Turki

Melainkan, karena Turki ia sebut juga telah menggunakan tentara bayaran, propaganda, bantuan militer, dan ekspor senjata untuk membantu mendorong Azerbaijan berperang dengan Armenia.

Dia menambahkan, ekspor tenaga militer Ankara ke Azerbaijan itu telah meningkat secara dramatis sejak tahun lalu. Terlebih mengutip data ekspor, kata Carlin, penjualan drone termasuk amunisi dan senjata telah naik menjadi lebih dari USD 76 juta (Rp 1,1 triliun).

Tak hanya itu, Azerbaijan menurutnya juga telah menerima USD 123 juta (Rp 1,8 triliun) dalam bentuk teknologi militer dan penerbangan lainnya dari Turki pada awal 2020. Ankara dan Baku juga mengadakan latihan militer gabungan antara 29 Juli dan 5 Agustus tahun ini. Atas dasar itu jelas, kata dia, kedua negara telah melakukan koordinasi militer yang erat.

Selain ekspor senjata, Turki disebutnya juga menggunakan perangkat media pemerintahnya untuk membuat laporan palsu tentang "ancaman" dari Armenia sebelum gejolak di Nagorno-Karabakh kembali meletus.

"Sumber media arus utama di Ankara menggembar-gemborkan berita utama yang mengklaim bahwa Armenia telah membantu transfer teroris PKK (Partai Pekerja Kurdistan) dari Suriah dan Irak ke wilayah Nagorno-Karabakh, sebuah narasi yang memainkan penggunaan lama Turki atas "ancaman PKK" untuk membenarkannya. operasi militan di seluruh dunia," ungkap dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: