Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menegangkan, Hujan Rudal Masih Terjadi Usai Gencatan Senjata Armenia-Azerbaijan

Menegangkan, Hujan Rudal Masih Terjadi Usai Gencatan Senjata Armenia-Azerbaijan Kredit Foto: Antara/Defence Ministry of Armenia/Handout via REUTERS
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pertempuran baru antara Armenia dan Azerbaijan dilaporkan terjadi hanya beberapa jam setelah gencatan senjata diberlakukan.

Ledakan menghantam Stepanakert, ibu kota wilayah sengketa Nagorno-Karabakh, pada Sabtu malam, kata saksi mata dan media di Armenia. Kedua belah pihak sebelumnya menuduh pihak lawan terus membombardir.

Baca Juga: Armenia-Azerbaijan Akhirnya Sepakat Gencatan Senjata Setelah...

Setelah dua minggu pertempuran, kedua negara menyetujui memberlakukan gencatan senjata sementara ketika digelar pembicaraan di Moskow pada Jumat.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell mengatakan "laporan kegiatan militer yang terus berlanjut, termasuk terhadap sasaran sipil, serta korban sipil" meskipun perjanjian itu dicatat "dengan sangat prihatin", menurut pernyataan yang dirilis Minggu.

Lebih dari 300 orang tewas dan ribuan lainnya mengungsi sejak kejadian kekerasan terbaru dalam konflik berkepanjangan yang pecah pada 27 September.

Pemimpin wilayah Nagorno-Karabakh, Arayik Harutyunyan, mengatakan kepada AFP bahwa situasinya "lebih tenang" pada Minggu tetapi memperingatkan gencatan senjata itu berbahaya.

Sebuah blok apartemen tempat tinggal di kota Ganja, Azerbaijan, dihancurkan pada Sabtu malam dalam apa yang dikatakan para pejabat sebagai serangan rudal Armenia.

Para pejabat mengatakan tujuh orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Armenia menyebut laporan serangan itu sebagai "kebohongan mutlak".

Gencatan senjata yang sekarang rapuh memungkinkan kedua negara untuk bertukar tahanan dan mengumpulkan mayat-mayat dari pertempuran baru-baru ini.

Mayoritas warga Nagorno-Karabakh adalah etnis Armenia, meskipun secara resmi merupakan bagian dari Azerbaijan.

Kedua bekas republik Soviet saling menyalahkan atas pecahnya kekerasan terbaru - yang merupakan terburuk dalam beberapa dekade.

Sementara itu, selebritas AS Kim Kardashian West, yang merupakan keturunan Armenia, mengumumkan di media sosial bahwa dia menyumbangkan $ 1 juta (£ 770.000) untuk dana bagi korban konflik Armenia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: