Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ukraina Pamer Perangkat Keras Militer Amerika, Bersumpah untuk Menghantam Rusia

Ukraina Pamer Perangkat Keras Militer Amerika, Bersumpah untuk Menghantam Rusia Kredit Foto: Reuters/Gleb Garanich
Warta Ekonomi, Kiev, Ukraina -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Senin (6/12/2021) mengatakan angkatan bersenjatanya mampu melawan setiap serangan Rusia. Ucapan itu keluar ketika negara itu menandai hari tentara nasionalnya dengan memamerkan kendaraan lapis baja dan kapal patroli AS.

"Para prajurit Angkatan Bersenjata Ukraina terus memenuhi misi terpenting mereka - untuk mempertahankan kebebasan dan kedaulatan negara dari agresor Rusia," kata Zelenskiy dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Ketegangan Situasi Bikin Cemas, Amerika Lihat Peningkatan Pasukan Rusia di Ukraina Pertanda...

Mengenakan baju besi dan helm khaki, Zelenskiy terbang ke timur untuk berjabat tangan dengan tentara di garis depan di wilayah Donetsk, tempat tentara Ukraina memerangi pasukan yang didukung Rusia dalam konflik yang menurut Kyiv telah menewaskan 14.000 orang sejak 2014.

"Tentara Ukraina ... yakin dengan kekuatannya dan mampu menggagalkan rencana penaklukan musuh," katanya.

Dia kemudian terbang ke Kharkiv, sebuah kota dekat perbatasan timur laut Ukraina dengan Rusia dan pusat tradisional untuk pembuatan senjata, untuk menandai pengiriman tank, pengangkut pribadi lapis baja dan kendaraan lapis baja yang dibuat di pabrik-pabrik kota.

Berdiri di depan barisan tentara, tank, dan pesawat di alun-alun utama kota pada Senin malam, Zelenskiy menyuarakan cara militer Ukraina melengkapi diri dengan bantuan sekutu NATO.

Presiden AS Joe Biden telah menjanjikan "dukungan tak tergoyahkan" untuk Ukraina dalam perselisihannya dengan Moskow dan akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa untuk mencoba meredakan krisis. Zelenskiy akan berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Senin.

Ukraina menuduh Rusia mengumpulkan puluhan ribu tentara di dekat perbatasannya dalam persiapan untuk kemungkinan serangan militer skala besar, meningkatkan prospek perang terbuka antara kedua tetangga.

Rusia telah menolak pembicaraan tentang serangan baru di Ukraina sebagai palsu dan menghasut tetapi mengatakan kepada Barat untuk tidak melewati "garis merah" dan untuk menghentikan ekspansi ke timur dari aliansi NATO.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: