Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Intel Amerika Ketar-ketir Saat Ungkap China Sangat Mungkin Mendominasi Teknologi Canggih

Intel Amerika Ketar-ketir Saat Ungkap China Sangat Mungkin Mendominasi Teknologi Canggih Kredit Foto: AP Photo/Andy Wong
Warta Ekonomi, Washington -

Pejabat Amerika Serikat mengeluarkan peringatan baru pada Jumat (22/10/2021) tentang ambisi China dalam kecerdasan buatan dan berbagai teknologi canggih. Yang pada akhirnya dapat memberi Beijing keunggulan militer yang menentukan dan kemungkinan dominasi atas perawatan kesehatan dan sektor penting lainnya di AS.

Peringatan itu mencakup upaya baru untuk memberi tahu eksekutif bisnis, akademisi, dan pejabat pemerintah lokal dan negara bagian tentang risiko menerima investasi atau keahlian China di industri utama, kata pejabat di Pusat Kontra Intelijen dan Keamanan Nasional.

Baca Juga: Terkesan Ngeledek, Kata Pakar Agresi China atas Taiwan Nguji Mental Pemerintahan Joe Biden

Sementara pusat tidak bermaksud untuk memberitahu para pejabat untuk menolak investasi China, itu akan mendorong upaya untuk mengontrol kekayaan intelektual dan menerapkan langkah-langkah keamanan.

Mengutip Associated Press, Jumat (22/10/2021), badan-badan keamanan nasional di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden membuat dorongan publik yang agresif terhadap China, yang oleh beberapa pejabat disebut sebagai ancaman strategis terbesar bagi Amerika Serikat.

Pemerintahan Biden secara bersamaan mencoba meredakan beberapa ketegangan dengan Beijing sejak pemerintahan Trump dan mencari titik temu dalam perdagangan dan perubahan iklim.

Beijing telah berulang kali menuduh Washington menyebarkan ketakutan tentang niatnya dan menyerang intelijen AS untuk penilaiannya terhadap China, termasuk tuduhan bahwa para pemimpin China telah menyembunyikan informasi penting tentang pandemi virus corona.

Di bawah Presiden Xi Jinping, pemerintah China telah menyatakan tujuannya untuk menciptakan teknologi yang menguntungkan dalam robotika dan bidang lain dalam rencana yang dikenal sebagai “Made in China 2025.”

Departemen Kehakiman dalam beberapa tahun terakhir telah mengembalikan beberapa dakwaan yang menuduh pencurian informasi sensitif AS atas nama China, termasuk penelitian vaksin dan teknologi kendaraan otonom.

Penjabat direktur pusat kontra-intelijen, Michael Orlando, mengatakan kepada wartawan dalam briefing langka pada Kamis bahwa AS “tidak boleh kalah” dari China di beberapa bidang utama: kecerdasan buatan, sistem otonom, komputasi kuantum, semikonduktor, dan bioteknologi.

Orlando mencatat bahwa bisnis dan akademisi China terikat pada Partai Komunis China dan diharuskan untuk melayani kepentingan partai.

“Meskipun kami telah mengatakan ini selama bertahun-tahun, orang-orang tidak mencerna ini,” katanya.

Orlando menolak mengatakan apakah AS harus memberlakukan pembatasan yang lebih ketat atau larangan langsung terhadap investasi China di sektor-sektor tertentu, dengan mengatakan perannya bukan untuk menyarankan kebijakan.

Tetapi pusat kontra-intelijen mengadakan pengarahan rutin dengan industri swasta dan akademisi sambil mengakui bahwa industri dan universitas mungkin masih ingin mencari mahasiswa, pakar, dan investor dari China, kata Orlando. Dia tidak akan menyebutkan perusahaan yang telah bertemu dengan pusat tersebut.

Petugas pusat untuk teknologi yang muncul dan mengganggu, Edward You, mencatat investasi perusahaan China di bioteknologi dan farmasi AS dan Eropa.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: