Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa-apa Saja yang Disepakati Biden dan Putin dalam Pertemuan Puncaknya?

Apa-apa Saja yang Disepakati Biden dan Putin dalam Pertemuan Puncaknya? Kredit Foto: Japan Times/APF-JIJI
Warta Ekonomi, Jenewa -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan pertemuan perdananya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin berlangsung positif. Namun, Biden tak menampik masih ada beberapa ketidaksepakatan.

“Nada dari seluruh pertemuan bagus, positif,” kata Biden kepada awak media setelah pertemuannya dengan Putin yang dilangsungkan di Villa La Grange di Jenewa, Swiss, pada Rabu (16/6), berakhir.

Baca Juga: Karena Backingan Sekutu, Biden Mungkin Lebih Konfrontatif di Depan Putin

Biden mengakui ada sejumlah ketidaksepakatan. Namun hal itu tak terjadi dalam suasana hiperbolik.

Keluhan utama yang disampaikan Biden adalah perihal keagresifan aktivitas siber Rusia. Dalam konteks itu, salah satu contoh yang diambil adalah upaya Rusia, baik yang dilakukan peretas atau dinas keamanan, untuk mengintervensi pemilu AS.

Biden menekankan kepada Putin bahwa pemerintahannya tidak akan mentoleransi aksi semacam itu.

“Kami tidak akan mentoleransi upaya yang bertujuan melanggar kedaulatan demokrasi kami atau mengacaukan pemilihan demokratis kami dan kami akan meresponsnya,” ujarnya.

Ia pun memberi tahu Putin bahwa infrastruktur penting tertentu dilarang untuk diserang, baik melalui dunia maya atau cara lainnya. “Saya memberinya daftar,” ucapnya.

Biden dan Putin sepakat menugaskan para ahli untuk membangun pemahaman bersama tentang apa yang terlarang. "Negara yang bertanggung jawab perlu mengambil tindakan terhadap penjahat yang melakukan aktivitas ransomware di wilayah mereka," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: