Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mau Terima Lebih Banyak Pengungsi, Joe Biden: Ini Komitmen yang Manusiawi

Mau Terima Lebih Banyak Pengungsi, Joe Biden: Ini Komitmen yang Manusiawi Kredit Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Warta Ekonomi, Washington -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden siap menerima lebih banyak pengungsi setelah bertahun-tahun membatasi mereka masuk di pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump

Melalui briefing Gedung Putih pada Kamis (4/2/2021) Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan Biden akan mengeluarkan perintah eksekutif untuk membangun kapasitas negara untuk menerima pengungsi. Namun waktunya belum dipastikan dengan jelas.

Baca Juga: Inilah Sosok Bos CIA Baru Pilihan Joe Biden, Hmm... Ada Aroma Nuklir Iran

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan dirinya tidak memperkirakan Biden akan mengeluarkan perintah pada Kamis (4/2/2021), namun Biden “berkomitmen untuk mencari cara untuk memastikan lebih banyak pengungsi diterima di Amerika Serikat”.

Biden telah berjanji untuk mengembalikan peran historis AS sebagai negara yang menerima pengungsi dari seluruh dunia setelah empat tahun membatasi penerimaan pengungsi di bawah Trump.

“Kami ingin menerapkan proses imigrasi di sini yang bisa - itu manusiawi, moral, yang mempertimbangkan permohonan pengungsi, permohonan orang untuk datang - ke negara ini, di perbatasan, dengan cara yang memperlakukan orang seperti manusia,” kata Psaki, Selasa (2/2).

“Itu akan memakan waktu,” katanya.

“Ini tidak akan terjadi dalam semalam,” lanjutnya.

Menurut seroang sumber, Biden diharapkan untuk mengeluarkan perintah pengungsi dalam hubungannya dengan pidato Kamis (4/1) di Departemen Luar Negeri AS yang bertujuan untuk menghidupkan kembali tenaga kerja di sana. Namun alasan itu ditunda karena alasan yang belum jelas.

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) memperkirakan ada 1,4 juta pengungsi di seluruh dunia yang membutuhkan pemukiman kembali.

Diketahui, pemerintahan Biden menghadapi program pengungsi yang bersebarangan dengan kebijakan garis keras Trump.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: