Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Joe Biden Diprediksi Pilih Janet Yellen Jadi Menteri Keuangan, Ini Profilnya

Joe Biden Diprediksi Pilih Janet Yellen Jadi Menteri Keuangan, Ini Profilnya Kredit Foto: Reuters/Jonathan Ernst
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden diprediksi mencalonkan mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan AS. Alasan pemilihan wanita berumur 74 tahun untuk memimpin negara keluar dari penurunan paling tajam sejak depresi besar.

Yellen akan bertugas mengatasi ketimpangan ekonomi yang tumbuh dan memerangi perubahan iklim dan menjauh dari penekanan pra-pandemi pemerintahan Trump pada pemotongan pajak dan pelonggaran peraturan keuangan.

Baca Juga: Akankah Calon Menteri Keuangan Biden Dukung Cryptocurrency?

Lalu siapa Janet Yellen? Lahir di Brooklyn, New York, dari keluarga seorang dokter dan guru sekolah dasar, Yellen memeroleh gelar doktor di bidang ekonomi dari Yale pada 1971 sebagai satu-satunya wanita di kelasnya dan mengajar di beberapa universitas besar sebelum menjabat sebagai penasihat ekonomi terkemuka untuk Presiden Bill Clinton dari 1997 hingga 1999.

Yellen membuat sejarah pada 2014 ketika dia menjadi wanita pertama yang memimpin Federal Reserve setelah menjabat selama satu dekade sebagai Presiden Fed San Francisco dan Gubernur Fed.

Presiden Donald Trump menolak untuk memperpanjang masa jabatannya dan menggantinya dengan Ketua Fed saat ini Jerome Powell pada 2018.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: