Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Listyo Harus Bereskan Masalah Faksi di Internal Polri

Listyo Harus Bereskan Masalah Faksi di Internal Polri Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Muradi menyarankan calon tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, saat ini menjabat Kabareskrim Polri, untuk segera melakukan konsolidasi internal sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Ia mengatakan terdapat tiga hal yang harus dilakukan Komjen Sigit untuk melakukan konsolidasi internal Polri.

"Pertama, kemaskan ‘faksi-faksi’. Orang-orang itu harus diakomodir. Akomodir bisa tiga hal, yakni posisi jabatan, akses, dan kesempatan. Itu saya kira perlu dibuka oleh Pak Sigit agar iramanya sama di internal,” ujar Muradi.

Kedua, kata Muradi, Kepala Bareskrim Polri itu harus memiliki karakteristik program yang berbeda dari sebelumnya. Dia menyarankan agar Listyo menjalankan program yang selaras dengan visi misi Presiden Jokowi yakni penegakan hukum, pemeliharaan keamanan, dan ketertiban masyarakat.

"Ini saya kira perlu menjadi isu utama yang harus seirama dengan visi Presiden. Saya kira dengan kedekatan secara psikologis, Pak Sigit bisa memahami konteks itu,” ujar dia pula.

Ketiga, Listyo harus mengakomodir harapan publik. Muradi mengatakan jenderal bintang tiga tersebut harus bisa lebih mengintegrasikan antara ritme kerja dan harapan publik.

"Beliau dekat dengan Presiden secara personal dan sering diskusi. Itu saya kira nilai tambah untuk menjernihkan polisi,” kata dia lagi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: