Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Selamat, Partai Demokrat Kembali Kuasai Mayoritas Kursi DPR

Selamat, Partai Demokrat Kembali Kuasai Mayoritas Kursi DPR Kredit Foto: Antara/REUTERS/Mario Anzuoni
Warta Ekonomi, Washington -

Partai Demokrat berhasil kembali mempertahankan jumlah mayoritas di kursi House of Representatives. Hasil itu membuat Joe Biden mengamankan dukungan dari salah satu Kongres.

Menurut laporan AP, Partai Demokrat telah berhasil mengamankan kendali atas House of Representatives dengan memenangkan setidaknya 218 kursi dari 435 total jumlah kursi. Capaian itu adalah kedua kalinya sejak 1995 ketika Demokrat mengambil kendali atas majelis itu selama empat tahun berturut-turut.

Baca Juga: Menggali Rencana Ambisius Joe Biden buat Atasi Perubahan Iklim

Sebelum ini, Demokrat berhasil memiliki jumlah kursi yang lebih banyak di House. Dikutip dari Indianexpress, kelompok sayap kiri ini memiliki 232 kursi.

Dengan berkurangnya mayoritas kursi Demokrat di House, Partai Republik menempatkan diri dalam posisi yang baik untuk memblokir Presiden terpilih Joe Biden. Berkurangnya suara itu bisa menghambat Biden meluncurkan inisiatif legislatif besar tanpa drama.

Meski margin tipis, Demokrat merayakan kemenangan itu. "Kami memiliki palu, kami memiliki palu. Kami kalah dalam beberapa pertempuran, tapi kami memenangkan perang," kata Ketua House, Nancy Pelosi.

Selain kemeriahan dari Demokrat, Partai Republik pun merayakan hasil kursi di House. Mereka memprediksi peluang bagus untuk memenangkan mayoritas dalam pemilu 2022. Partai tersebut juga meningkatkan jumlah perwakilan perempuan dari 13 menjadi 26 dalam rekor untuk Partai Republik.

Semua mata sekarang telah beralih ke negara bagian Georgia bagian selatan AS. Negara bagian itu akan memutuskan partai mana yang mengatur Senat. Pemungutan suara putaran kedua untuk kursi Senat di Georgia dijadwalkan berlangsung pada 5 Januari. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: