Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ilmuwan Temukan Cara Produksi Oksigen di Planet Mars, Yang Benar?

Ilmuwan Temukan Cara Produksi Oksigen di Planet Mars, Yang Benar? Kredit Foto: Slash Gear
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ilmuwan akhirnya menemukan ide untuk memanfaatkan air beku bercampur garam di Planet Mars supaya bisa menjadi sumber bahan bakar dan oksigen. Bagaimana caranya?

Melansir Daily Mail, Kamis (3/12/2020), ilmuwan akan memakai listrik demi menghasilkan oksigen dan hidrogen dari air asin di planet itu. Yang menarik, hal itu sudah terbukti bisa berjalan di atmosfer Mars yang memiliki suhu -33 derajat Fahrenheit. 

"Alat pemecah air asin ini mengubah kalkulus logistik misi ke Mars dan sekelilingnya. Teknologi tersebut juga berfungsi untuk membuka lautan sebagai sumber oksigen dan bahan bakar layak," kata Perwakilan Universitas Washington, Vijay Ramani.

Baca Juga: Chat LINE Penuh OA? Gampang, Gunakan Fitur Folder Obrolan! Begini Caranya

Baca Juga: Subway Viral di Medsos, Ini Kisah Sukses Restoran Cepat Saji yang Sering Muncul di Drakor Itu

Lebih lanjut, pemecah air garam itu dapat melahirkan oksigen 25x lebih tinggi daripada Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment NASA yang meluncur ke Mars pada Juli 2020.

Ramani dan tim kini mulai merakit versi portabel yang akan terus beroperasi di Mars, "dan dapat berfungsi tanpa memanaskan atau memurnikan sumber air."

Perangkat itu memiliki dua sisi; satu untuk menciptakan ion hidroksil, sedangkan satunya lagi berguna untuk memproduksi oksigen.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: