Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wamendag Jerry Sambuaga Dorong Pembangunan Sumatera Utara

Wamendag Jerry Sambuaga Dorong Pembangunan Sumatera Utara Kredit Foto: Instagram/Jerry.sambuaga
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga berjanji untuk turut membantu kemajuan Pembangunan Sumatera Utara. Hal ini dikatakannya saat melakukan rangkaian kunjungan di Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan dan Kabupaten Toba.

Dalam kegiatan ini hadir juga anggota DPR RI dari Dapil Sumut 2 Lamhot Sinaga, Jerry melihat banyak potensi yang bisa dikembangkan dari kawasan Sumut Bagian Tengah dan barat tersebut antara lain sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, energi, UMKM dan pariwisata.

" Ada beberapa sektor yang punya potensi besar dan kami akan membantu dari sisi logistik dan perdagangan." Kata Wamendag.

Dalam bidang pertanian dan perkebunan, beberapa kabupaten yang dikunjungi Wamendag mempresentasikan potensi tanaman pangan, kopi dan kelapa sawit. Jagung, bawang merah dan kentang tengah dikembangkan sangat intensif melalui program food estate. Saat ini program tersebut berada pada tahap Demonstration Plot (Demplot) atau pembukaan lahan percontohan. Meski demikian hasilnya cukup baik.

"Rata-rata produktifitasnya melebihi produktifitas nasional. Untuk jagung misalnya, per hektar bisa mencapai 5,7 ton," jelas anggota DPR RI Lamhot Sinaga.

Dalam bidang perkebunan terdapat potensi kopi, kelapa sawit dan buah-buahan seperti durian. Durian Medan atau Sumut yang terkenal banyak dipasok salah satunya dari kawasan itu. Hal menarik lain yang perlu didorong pengembangannya adalah pariwisata yang berpusat di Danau Toba. Seperti diketahui, Danau Toba sudah ditetapkan sebagai kawasan super prioritas oleh Pemerintah Pusat.

Mengenai hal itu, Wamendag Jerry Sambuaga berjanji akan membantu mendukung dari sektor perdagangan. Menurutnya ada beberapa fokus kami dalam hal ini yaitu membantu menunjang logistik, penyediaan sarana dan prasarana perdagangan dan fasilitasi perdagangan bagi semua level, baik level kecil dan menengah maupun level besar. 

"Tujuannya agar perdagangan benar-benar bisa menunjang Perekonomian secara umum dan tentu demi kesejahteraan masyarakat," papar Jerry.

Untuk membantu produsen lokal khususnya petani, peternak dan nelayan Kementerian Perdagangan punya skema fasilitasi gudang SRG maupun non SRG. Selain itu juga ada fasilitas pelatihan untuk desain produk hingga pemasaran. 

"Bahkan kami menggandeng perusahaan teknologi besar seperti Google untuk berkolaborasi dalam pelatihan-pelatihan UMKM," jelas Jerry.

Menurut Wamendag kolaborasi dengan semua pelaku dan stake holder adalah kunci untuk menunjang perdagangan. 

"Pemerintah berupaya terus membangun regulasi yang kondusif bagi pelaku serta fasilitasi yang tepat. Stake holder lain yang punya sumber daya dan kepentingan bisa mendorong agar perdagangan masyarakat terus tumbuh," imbuh Jerry.

Sebagai contoh, dalam Sistem Resi Gudang, Jerry mengatakan bahwa dirinya dan jajaran di Kemendag terus berupaya menyambungkan petani dengan perbankan, pelaku usaha pengelola gudang dan jaringan ritel sebagai off taker. Tujuannya agar perdagangan bisa berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan bagi semua pihak.

Wamendag melihat tekad masing-masing Pemerintah Kabupaten setempat luar buasa untuk membantu masyarakat mengembangkan potensi-potensinya. Karena itu ia memberikan apresiasi kepada Bupati-Bupati Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Kabupaten, Toba, Kabupaten Samosir, Simalungun dan Kabupaten lain di Sumut. Menurutnya banyak terobosan yang sudah dilakukan dan Pemerintah pusat selalu siap mendukung Pembangunan Daerah. 

"Saya juga mengapresiasi Bang Lamhot Sinaga yang sangat aktif memfasilitasi pemgembangan potensi Daerah. Ke depan kmai berharap bisa berkoordinasi lebih baik agar perdagangan masyarakat makin baik bahkan bisa menembus ekspor," tutup Jerry.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: