Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Buntut Amarah China: Konsulat AS Ditutup, Pengamanan Super Ketat

Buntut Amarah China: Konsulat AS Ditutup, Pengamanan Super Ketat Kredit Foto: Reuters/Carlos Garcia Rawlins
Warta Ekonomi, Chengdu, China -

Keamanan ketat terlihat di luar konsulat Amerika Serikat (AS) di Kota Chengdu, China, pada Sabtu (25/7/2020). Para staf di dalam bersiap untuk pergi, sehari setelah Beijing memerintahkannya menutup bangunan itu sebagai tanggapan atas perintah Washington agar Beijing menutup konsulatnya di Houston, AS.

Lambang konsulat di dalam kompleks diturunkan dan staf terlihat mulai bergerak meninggalkan area tersebut. Tiga van kemudian memasuki kompleks dengan polisi berkumpul di luar dan menutup jalan untuk lalu lintas di kota China barat daya itu.

Baca Juga: Pantang Mundur! Sasaran Balas Dendam China ke AS Adalah....

Banyak orang berjalan di sepanjang jalan seberang pintu masuk sepanjang hari. Beberapa berhenti untuk mengambil foto atau video sebelum polisi meminta mereka untuk pergi dari tempat tersebut. Petugas dengan pakaian biasa menahan seorang pria yang mencoba mengangkat tanda, meski tidak jelas tanda tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, mengatakan, penutupan terjadi akibat beberapa personel di konsulat Chengdu melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan identitas mereka. AS pun telah mencampuri urusan China dan merusak kepentingan keamanannya.

Baca Juga: Memanas, AS Perintahkan China Tutup Konsulat di Houston karena...

Perintah menutup bangunan muncul setelah pemerintahan Trump memberi tenggat  China membereskan Konsulat Houston sampai pukul 16.00, Jumat (24/7/2020) waktu setempat. Konsulat AS di Chengdu juga diberi waktu 72 jam untuk menutup aktivitas  atau sampai pukul 10.00 pada Senin (27/7/2020) waktu setempat.

Konsulat tersebut dibuka pada 1985 dan memiliki hampir 200 karyawan, termasuk sekitar 150 staf lokal. Namun, tidak ada keterangan jumlah staf yang masih tersisa dari petugas warga negara AS atau China setelah pandemi virus Corona terjadi.

Warga di Chengdu menyatakan, pandangan beragam tentang penutupan konsulat AS.

"Yang paling saya takuti adalah AS tidak akan berhenti di situ saja, itu mungkin akan semakin buruk," kata mahasiswa universitas berusia 19 tahun, Zhang Chuhan.

"Aku menyetujuinya. AS menutup konsulat kami, saya pikir kami harus menutupnya juga," kata seorang pria bernama Jiang.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: