Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pantang Mundur! Sasaran Balas Dendam China ke AS Adalah....

Pantang Mundur! Sasaran Balas Dendam China ke AS Adalah.... Kredit Foto: REUTERS/Jason Lee
Warta Ekonomi, Jakarta -

Keputusan Amerika Serikat (AS) yang menutup paksa konsulat China di Houston langsung dibayar kontan oleh negara pimpinan Xi Jinping itu. Seorang sumber mengatakan, China menetapkan kantor konsulat AS di Kota Chendu, China Barat, sebagai sasaran balas dendam kepada AS. 

Dilansir dari South China Morning Post, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, mengakui adanya rencana pembalasan dendam tersebut. Namun, ia enggan menyebut konsulat AS mana yang akan menjadi sasarannya.

Baca Juga: Panasss! Trump Bilang China Hanya Punya Waktu 72 Jam untuk....

"Menanggapi tindakan tidak masuk akal AS, China akan mengambil tindakan balasan yang diperlukan untuk melindungi kepentingannya yang saha," tegas Wang dikutip pada Jumat, 24 Juli 2020. 

Lebih lanjut, Wang menolak pernyataan bahwa keterlambatan diplomat AS diizinkan kembali ke kantor kedutaan di China karena pembatasan perjalanan dan aturan karantina untuk mencegah penyebaran Covid-19. Wang mengatakan beberapa diplomat AS telah kembali pada Juni ke konsulat mereka di Wuhan, yang telah ditutup sementara pada 23 Januari ketika kota itu melakukan penguncian ketat sebagai langkah pengamanan.

Baca Juga: Hubungan AS-China Buruk, IHSG dan Bursa Asia Terpuruk!

"China selalu memfasilitasi operasi konsulat AS yang sah," sambungnya.

Sebagai informasi tambahan, Washington memiliki lima konsulat di daratan China, yakni Guangzhou, Shanghai, Shenyang, Chengdu, Wuhan, serta konsulat jenderal untuk Hong Kong dan Makau.

Sementara itu, Konsulat China di Houston menjadi yang pertama dari lima kantor yang dibuka China di negara Paman Sam itu. Keempat konsulat China lainnya berada di San Farnsisco, New York, Chicago, dan Los Angeles. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: