Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Militer AS Tampilkan Kengerian dari Tank Robot M5 Ripsaw Robotic

Militer AS Tampilkan Kengerian dari Tank Robot M5 Ripsaw Robotic Kredit Foto: Military.com/Textron
Warta Ekonomi, Washington -

Rencana militer Amerika Serikat (AS), untuk memasukan peran robot dalam angkatan perangnya semakin nyata. Kini, mereka sedang mengembangkan kendaraan tempur robot bertenaga listrik.

Tentu, penambahan peran robot dalam angkatan bersenjata AS, sudah dipertimbangkan matang-matang. Ini dilakukan agar, bisa mengurangi jumlah kematian prajurit di medan perang.

Baca Juga: Israel Kerahkan Tank-Tank Tempur ke Jalur Gaza

Ripsaw%20M5_Photo%201%201800.jpg

Dikutip dari Military Senin (12/10/2020), kendaraan tempur robot yang akan melewati tahap uji coba di Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) adalah M5 Ripsaw Robotic Combat Vechicle.

Awal tahun ini, angkatan darat memilih tim Textron untuk mengembangkan kendaraan tak berawak dari anak perusahaannya, Howe & Howe. Mereka terpilih untuk membuat dan memproduksi platform Medium Combat Vehicle atau RCV.

US Army ingin mengembangkan RCV versi ringan dan sedang, untuk memberikan opsi dalam mengirim kendaraan tak berawak ke pertempuran melawan pasukan musuh. Sebanyak empat kendaraan M5, yang bertenaga diesel dan motor listrik hybrid akan diujicoba pada akhit tahun ini.

Ripsaw%20M5_Photo%204.jpg?itok=A_Mi3CgT

Kendaraan tempur tak berawak ini dilengkapi dengan, dua motor listrik hybrid bertenaga 900 horse power dan diesel range extender. Range extender merupakan sebuah generator, yang memungkinkan kendaraan dapat menempuh perjalanan sekitar 300 hingga 400 mil.

Diketahui pula bahwa kendaraan yang serba listrik ini, tidak akan memiliki menara meriam seperti kendaraan tempur standar M5 yang lainnya. Tapi sejauh ini belum diketahui pasti, jenis persenjataan diri apa yang akan ada di dalam kendaraan tak berawak atau drone itu.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: